Minggu, 30 Juni 2013

Home » KOMPAStekno: Apple Mulai Jauhi Samsung

,
Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
KOMPAStekno
News and Service // via fulltextrssfeed.com
Apple Mulai Jauhi Samsung
Jul 1st 2013, 03:01

KOMPAS/PRIYOMBODO Pengunjung melintas di depan gambar produk baru Apple Inc yaitu iPhone 4S pada penjualan perdana oleh Telkomsel di Jakarta, Jumat (27/1/2012). Telepon pintar tersebut dijual pada kisaran Rp 7-10 juta, tergantung kapasitas dan operatornya. KOMPAS/PRIYOMBODO

KOMPAS.com - Ketergantungan Apple terhadap Samsung tampaknya akan semakin berkurang. Menurut laporan The Wall Street Journal, Apple telah mencapai kata sepakat dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), untuk memproduksi komponen cip bagi Apple.

TSMC dilaporkan memulai produksi cip untuk perangkat iPhone dan iPad ini pada 2014. Sebelum masuk tahun 2014, Samsung tetap menjadi pemasok utama cip bagi Apple.  

Negosiasi antara Apple dengan TSMC sebenarnya sudah berjalan lama, yaitu pada 2010 lalu. Namun, kedua belah pihak dalam 3 tahun negosiasinya, tidak berhasil menemukan kata sepakat. Hal tersebut dikarenakan pihak TSMC saat itu belum bisa memenuhi permintaan spesifikasi kecepatan dan daya cip dari Apple.

Nantinya, TSMC akan memproduksi cip tersebut dalam proses fabrikasi 20nm. Dengan proses fabrikasi ini, terlihat bahwa Apple ingin memiliki cip dengan konsumsi daya rendah.

Ingin lepas dari Samsung

Bukan rahasia lagi bahwa Apple banyak tergantung kepada Samsung untuk urusan komponen. Samsung memesan cip, layar, flash memory, dan beberapa komponen lainnya kepada perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Namun, sejak Samsung serius di bisnis smartphone, sebuah pasar yang sempat dikuasai sendiri oleh iPhone, Apple mulai berpikir ulang mengenai kerja sama di antara keduanya.

Puncaknya, ketika kedua perusahaan ini mulai berseteru di pengadilan pada 2011. Apple mulai mencari dan meminta perusahaan lain untuk memasok komponen.

Salah satu komponen yang mulai dialihkan Apple adalah layar. Apple sudah tidak lagi membeli layar iPhone dari Samsung dan mulai mengurangi kuantitas pemesanan layar iPad. Dikabarkan Apple beralih ke LG Display untuk urusan ini.

Meski begitu, ada laporan yang menyatakan Apple tertarik dengan teknologi layar super tipis Samsung dan mungkin akan memesan komponen tersebut. Berita yang satu ini masih belum dikonfirmasikan oleh kedua belah pihak.

Laporan lain mengungkapkan Apple telah memesan flash memory kepada produsen lain.

Apple juga dikabarkan telah menunjuk Pegatron untuk memproduksi iPhone versi terjangkau. Pihak Pegatron sendiri dirumorkan telah menambah tenaga kerja hingga 40 persen untuk proyek ini.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions