Rabu, 19 Juni 2013

Home » KOMPAStekno: Intel "Haswell-E" Usung 8 Inti Prosesor?

,
KOMPAStekno
News and Service // via fulltextrssfeed.com
Intel "Haswell-E" Usung 8 Inti Prosesor?
Jun 19th 2013, 07:27

wccftech.com

KOMPAS.com - Hingga saat ini, prosesor PC desktop Intel paling banyak memiliki 6 inti pemroses data (12 thread), seperti pada seri CPU "ekstrim" Sandy Bridge-E.

Pada kuartal kedua tahun 2014 mendatang, produsen prosesor tersebut disinyalir bakal merilis CPU PC desktop 8-core pertamanya dalam bentuk "Haswell-E".

Itulah yang terungkap dari bocoran sejumlah slide Intel dalam berita lansiran VR-Zone. Menurut situs teknologi tersebut, Haswell-E akan ditawarkan dalam versi 6 dan 8 core, dengan jumlah cache level 3 mencapai 20 MB.

VR-Zone

Jumlah inti yang lebih banyak 2 buah dari pendahulunya itu memungkinkan jumlah logical thread Haswell-E ditingkatkan menjadi 16 (8x2, dengan Hyper Threading). Prosesor ini pun disebut bisa berlari antara 33-55 persen lebih kencang.

Spesifikasi lain termasuk kisaran TDP di angka 130-140 watt, proses fabrikasi 22nm, dan dukungan memori 4-channel DDR4 hingga 2133 MHz.

Prosesor ini akan dipasangkan dengan chipset keluarga Wellsburg (socket LGA 2011) yang mendukung sejumlah interface berkecepatan tinggi seperti port USB 3.0 (6 buah), SATA 6 Gbps (10 buah), dan PCI-express 3.0 hingga 40 jalur.

VR-Zone

Akhiran huruf "E" pada Haswell-E menunjukkan statusnya sebagai CPU desktop teratas dalam hierarki produk Intel (Extreme Edition). Seri prosesor ini biasanya memakai jenis socket dan motherboard yang berbeda dibandingkan CPU mainstream.

Haswell-E sendiri disebutkan bakal mengusung socket dengan jumlah pin yang sama dengan pendahulunya (2011), tetapi susunan pin konektor tersebut akan diubah sehingga tidak kompatibel dengan motherboard seri high-end terdahulu.

Sebelum Haswell-E, Intel akan lebih dulu merilis seri prosesor Ivy Bridge-E pada paruh kedua tahun ini. Tak seperti Haswell-E, Ivy Bridge-E bisa ditancapkan di motherboard LGA 2011 dengan chipset X79.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions