Rabu, 19 Juni 2013

Home » KOMPAStekno: Sempat Kepincut, Microsoft Batal Caplok Nokia

,
KOMPAStekno
News and Service // via fulltextrssfeed.com
Sempat Kepincut, Microsoft Batal Caplok Nokia
Jun 20th 2013, 05:39

Dokumentasi Nokia Indonesia Stan pameran Nokia di Indonesia Cellular Show 2013


KOMPAS.com — Setelah sempat hampir membeli Nokia, Microsoft dilaporkan batal mewujudkan rencananya itu. Kabar ini dilansir oleh The Wall Street Journal mengutip "sumber yang familiar dengan persoalan tersebut".

Kedua perusahaan kabarnya telah saling bertemu di London awal bulan ini untuk berdiskusi perihal kemungkinan pembelian divisi handset Nokia. Tetapi, kini pembicaraan itu telah dihentikan.

Alasan Microsoft tak jadi membeli produsen ponsel asal Finlandia tersebut disinyalir berkaitan dengan harga yang diminta serta kekhawatiran soal posisi Nokia di pasar gadget mobile yang kini tergeser ke urutan bawah.

Tidak diketahui berapa persisnya jumlah yang diajukan oleh Nokia, tetapi perusahaan itu bernilai lebih dari 14 miliar dollar AS di bursa saham Amerika Serikat.

Kabar ini menyiratkan ironi karena Nokia adalah produsen smartphone Windows Phone terbesar. Sebanyak 79 persen dari keseluruhan ponsel pintar berbasis Windows Phone yang terjual pada kuartal pertama 2013 adalah buatan Nokia, menurut data dari IDC.

Nokia mulai beralih menggunakan Windows Phone pada lini ponsel Lumia buatannya dua tahun lalu ketika Stephen Elop yang mantan eksekutif Microsoft menjabat sebagai CEO perusahaan itu.

Nokia setuju memakai Windows Phone secara eksklusif pada smartphone buatannya, sementara Microsoft menggelontorkan miliaran dollar AS untuk membantu Nokia dalam bidang teknis dan pemasaran.

Meski perlahan tumbuh, kiprah Nokia dan Windows Phone di industri mobile sejauh ini belum menggembirakan. Nokia baru menguasai 2,8 persen pasar smartphone, sementara Windows Phone memiliki pangsa sistem operasi sebesar 3,3 persen. 

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions