Selasa, 18 Juni 2013

Home » KOMPAStekno: Super-Komputer China Kalahkan AS

,
KOMPAStekno
News and Service // via fulltextrssfeed.com
Super-Komputer China Kalahkan AS
Jun 19th 2013, 04:25

Tianhe generasi pertama, berlokasi di National Supercomputer Center, Tianjin

KOMPAS.com - Tianhe-2, superkomputer buatan China, telah dinobatkan menjadi perangkat superkomputer tercepat di dunia. Perangkat ini berhasil menggeser superkomputer buatan Amerika Serikat, Titan, ke posisi ke-2.

Tianhe-2 merupakan superkomputer buatan National University of Defense Technology. Dalam sebuah test benchmark yang dilakukan oleh situs Top 500, perangkat ini mampu menghasilkan kecepatan proses tercepat di dunia, 33,86 petaflops (kalkulasi 1000 triliun) per detik.

Kecepatan proses tersebut jauh lebih unggul dari Titan. Dikutip dari Business Insider, Selasa (18/6/2013), Titan "hanya" mampu menghasilkan kecepatan proses 17,59 teraflops per detik.

Berbeda dari perangkat superkomputer China lainnya, hampir semua komponen yang ada di Tianhe-2 dibuat dan dikembangkan langsung di negeri Tirai Bambu. Hanya ada satu bagian utama yang dibuat di luar negeri, yaitu prosesor. Pihak pembuat Tianhe-2, memercayakan bagian penting tersebut kepada Intel.

"Kebanyakan dari fitur yang ada di sistem dikembangkan di China. Interconnect, sistem operasi, front-end processors, dan software utamanya dikembangkan di China," kata Jack Dongarra, editor Top 500.

Tianhe-2 ternyata bukanlah superkomputer tercepat pertama bagi China. Pada November 2010 yang lalu, Tianhe generasi pertama, yang dapat diartikan sebagai Milky Way atau Bimasakti, telah merebut gelar superkomputer tercepat di dunia, sebelum akhirnya direbut oleh sebuah mesin dari AS.

Lebih lanjut, diketahui bahwa lima dari sepuluh superkomputer tercepat di dunia saat ini berada di AS, dua di China, dua di Jerman, dan satu lagi ada di Jepang.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions