Sabtu, 15 Juni 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Hidup 380 Juta Tahun Lalu, Ikan Ini Berperut Six Pack

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com
Hidup 380 Juta Tahun Lalu, Ikan Ini Berperut Six Pack
Jun 15th 2013, 09:48

detail berita

fosil ikan lapis baja yang diduga hidup pada 380 juta tahun lalu (Foto: Softpedia)

STOCKHOLM – Tim peneliti dari Uppsala University di Swedia belum lama ini menemukan sisa-sisa fosil ikan lapis baja yang diduga hidup pada 380 juta tahun lalu. Spesies prasejarah ini ditemukan di dalam gundukan bebatuan sedimen di wilayah Kimberly, Australia.

Menariknya, peneliti menemukan fakta bahwa ikan lapis baja ini memiliki otot-otot yang mengesankan, terutama di bagian perut yang berbentuk six pack. Hal ini dapat dilihat dari permukaan fosil secara samar.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa vertebrata ternyata memiliki perkembangan otot yang baik jauh lebih awal dari yang pernah kita bayangkan sebelumnya," ungkap seorang peneliti, Per Ahlberg, sebagaimana dikutip dari Softpedia, Sabtu (15/6/2013).

Per Ahlberg dan tim juga menambahkan bahwa selain memiliki otot perut yang mengesankan, spesies prasejarah ini pun memiliki otot leher yang sangat kuat. Tak hanya itu, mereka juga menemukan tulang dan gigi ikan lapis baja yang masih berbentuk utuh. Diduga karena bagian tersebut tidak seperti otot dan jaringan lunak dalam tubuh yang mudah terurai.

Para ilmuwan Swedia tersebut meyakini dengan melakukan investigasi anatomi spesies ini lebih lanjut, mereka dapat mengumpulkan informasi lebih detail mengenai bagaimana dan kapan proses evolusi otot perut terjadi pada ikan modern.

Sebagai tambahan dari Wikipedia, ikan lapis baja diketahui sebagai vertebrata pertama yang pernah menghuni dunia ini. Akan tetapi, tidak banyak yang bisa terungkap dari ikan prasejarah ini karena hanya diketahui dari catatan fosilnya.
(amr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions