Selasa, 25 Juni 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Satelit Tangkap Badai Angin 'Raksasa' di Venus

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com
Satelit Tangkap Badai Angin 'Raksasa' di Venus
Jun 25th 2013, 05:25

PARIS - Satelit Venus Express milik European Space Agency (ESA) menangkap gambar badai angin besar di Venus. Berdasarkan pengamatan peneliti, terlihat pergerakan angin ribut di planet tersebut kian menguat.

Dilansir Astronomynow, Selasa (25/6/2013), pergerakan awan berhasil ditangkap dengan tampilan detail tinggi di atmosfer Venus oleh ESA Venus Express. Gambar menunjukkan kecepatan angin yang semakin membesar dalam waktu enam tahun terakhir.

Gambar tersebut ditangkap melalui Venus Monitoring Camera (VMC) yang ada pada Venus Express. Gambar ditangkap dari jarak 30 ribu kilometer pada 8 Desember 2011.

VMC didesain dan dikembangkan oleh konsorsium institut di Jerman yang dipimpin oleh Max-Planck Institute for Solar System Research di Katlenburg-Lindau. Dengan mempelajari pergerakan fitur di awan tertinggi (sekira 70 kilometer di atas permukaan Venus), ilmuwan dapat memonitor pola dalam kecepatan angin global jangka panjang.

Venus terkenal dengan atmosfernya yang berputar cepat. Satu kali putaran penuh kabarnya bisa terjadi setiap empat jam sekali. Ketika Venus Express tiba di planet ini pada 2006, kecepatan angin rata-rata pada awan teratas mencapai sekira 300 kilometer per jam.

Pengamatan terbaru mengungkap bahwa kecepatan angin rata-rata ini bisa mencapai hingga 400 kilometer per jam. "Ini merupakan peningkatan besar pada kecepatan angin yang sudah diketahui dalam atmosfer," jelas Igor Khatuntsev dari Space Research Institute di Moscow. (fmh)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions