Senin, 24 Juni 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Sirius, Bintang Paling Cerah Terlihat dari Bumi

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com
Sirius, Bintang Paling Cerah Terlihat dari Bumi
Jun 25th 2013, 02:03

WASHINGTON - Sebuah bintang yang diklaim paling terang bernama Dog Star atau Sirius A, dapat terlihat dengan jelas oleh penduduk Bumi. Konon, nama sirius sendiri berasal dari Yunani yang artinya berpijar.
 
Dilansir Space, Selasa (25/6/2013), oleh karena Sirius merupakan bintang yang sangat cerah, peneliti percaya bahwa objek tersebut merupakan bintang tertua. Apa yang cukup mengejutkan astronom ialah penemuan bintang pendamping, Sirius B di 1862.
 
Bintang pendamping ini 10 ribu kali lipat lebih redup ketimbang Sirius A. Bintang paling terang ini bisa terlihat di belahan Bumi utara ketika langit malam musim dingin.
 
Pada saat langit malam di musim dingin tersebut, bintang memiliki luminositas yang relatif tinggi ketimbang bintang-bintang yang lain. Peneliti mengungkapkan bahwa Sirius A berjarak sekira 8,6 tahun cahaya.
 
Apabila Sirius A berada di dekat Matahari di sistem tata surya, peneliti yakin bintang tersebut bisa lebih berpijar 20 kali lipat lebih kuat ketimbang matahari. Sirius telah ada dalam catatan astronomi kuno Yunani, Polinesia dan beberapa budaya lain. (fmh)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions