Sabtu, 01 Juni 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Teknologi Penghasil Kain Super Kuat dari Laba-Laba

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com
Teknologi Penghasil Kain Super Kuat dari Laba-Laba
Jun 1st 2013, 08:13

YOKOHAMA – Sebuah perusahaan asal Jepang yang bernama Spiber of Tsuruoka belum lama ini telah mengembangkan suatu teknologi baru untuk menghasilkan kain bernama Qmonos (sarang laba-laba dalam bahasa Jepang) dari jaring atau benang laba-laba sutera sintetis.

Perusahaan mengklaim kain ini tiga kali lebih kuat dari Kevlar (bahan yang biasa digunakan untuk rompi anti peluru) serta lima kali lebih kuat dari baja. Kain ini berasal dari serat laba-laba sutera yang diekstraksi sedemikian rupa dengan teknologi termutakhirnya, sehingga tahan air dan bersifat anti bakteri.

Sutera laba-laba diketahui memiliki kerumitan. Tim ilmuwan mempelajari struktur molekuler sutera laba-laba tersebut, agar mereka bisa memproduksi material untuk bahan rompi antipeluru serta urat buatan.

Dilansir DamnGeeky, Sabtu (1/6/2013), pengembang teknologi mengatakan kegiatan sintesis gen dalam mikro organisme dapat digunakan untuk memproduksi protein laba-laba. Sehingga, dapat menghasilkan jaring yang menjadi bahan kain ini berkekuatan "super". Bahkan dengan teknologi ini, kambing juga dapat dimodifikasi secara genetik untuk menghasilkan susu berprotein tinggi.

Kain sutera sintetis super kuat ini renacananya akan diproduksi secara massal pada 2015 mendatang. Kabarnya, sehelai kain ini dibanderol seharga 220 poundsterling (sekira Rp3,2 jutaan). (amr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions