Jumat, 21 Juni 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Teleskop Hubble Tangkap Galaksi Mirip Objek Telur

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com
Teleskop Hubble Tangkap Galaksi Mirip Objek Telur
Jun 21st 2013, 06:30

CALIFORNIA - Teleskop luar angkasa Hubble menangkap galaksi yang mirip objek telur. Sepasang galaksi yang diberi kode nama Arp 142 ini dikatakan menyerupai objek telur dan juga penguin.

Dilansir Latimes, Jumat (21/6/2013), Anda boleh mengingat bahwa alam semesta merupakan 'aneh' dan tempat yang menakjubkan. Gambar unik yang ditangkap Hubble menunjukkan objek luar biasa yang boleh jadi dapat menggugah imajinasi Anda.

Galaksi ini berada di konstelasi Hydra, yang berjarak 400 tahun cahaya dari Bumi. Sebelum galaksi ini membentuk objek yang unik, galaksi tersebut masih berdiri sendiri. Sepasang galaksi tersebut antara lain galaxy yang berbentuk telur (NGC 2937) dan galaksi yang tampak serupa dengan objek penguin (NGC 2936).

Dua galaksi kemungkinan besar melayang tenang di luar angkasa intergalaksi. Ketika mereka saling mendekat, menyebabkan medan gravitasi yang saling berinteraksi. Saat itulah dikatakan galaksi NGC 2937 mulai 'merusak' bentuk NGC 2936.

Bila diamati lebih dekat, Anda masih bisa melihat sisa-sisa struktur spiral asli dalam galaksi yang berbentuk penguin. Sebuah objek 'mata' penguin yang terlihat merupakan pusat dari galaksi spiral dan garis biru dan merah yang membentuk objek tubuh penguin merupakan lengan galaksi spiral.

Debu dan gas dari dua galaksi yang bertabrakan dengan kecepatan super ini menyebabkan ledakan baru dari pembentukan bintang. Sepasang galaksi tersebut dikenal dengan nama Arp 142 dan sebelumnya merupakan penggabungan dari dua galaksi yang berbeda. (fmh)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions