Kamis, 20 Juni 2013

Home » Tempo.co News Site: Antivirus Juga Bisa untuk Menangkap Pencuri

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Antivirus Juga Bisa untuk Menangkap Pencuri
Jun 20th 2013, 21:38

TEMPO.CO , Jakarta:Penyedia antivirus Norton Symantec tidak hanya menyediakan layanan untuk melindungi pengguna ponsel pintar dari cyber crime. Namun Norton juga menghadirkan fitur untuk menangani pencurian ponsel.

Produk yang dinamakan Norton Mobile Security ini awalnya dibuat bagi pengguna perangkat mobile berbasis Android dan Windows. "Produk sudah diluncurkan di Indonesia sejak tahun lalu," ujar Country Sales Manager Norton Indonesia, Rita Nurtika, di Jakarta, Kamis 20 Juni 2013.

Menurut dia, tanggapan pasar bagi produk tersebut cukup baik, sehingga perusahaan mengembangkan bagi perangkat berbasis iOS yang mulai dijual bulan ini di Indonesia. Produk ini menawarkan beberapa fitur perlindungan dari pencurian, yaitu scream, lock, locate, wipe, dan sneak peak.

Pada saat mengaktifkan antivirus, pengguna diminta untuk memasukkan password dan data pribadi untuk memerintahkan fitur dalam bekerja. Password dan informasi juga dibutuhkan jika kita ingin melakukan tindakan untuk melindungi perangkat.

Scream, yaitu alarm yang diaktifkan pada saat terjadi pencurian. Pengguna tinggal masuk ke situs Norton, memasukkan password, kemudian mengetik permintaan scream, dalam waktu beberapa detik, ponsel akan mengeluarkan bunyi alarm. "Kalau pencurinya berada dalam jarak dekat, bisa langsung diketahui," ujar Rita.

Fitur berikutnya perlindungan data pengguna yang dinamakan lock. "Pengguna memerintahkan program lock, maka secara otomatis, pencuri tidak dapat mengakses data pada ponsel," ujar Rita.

Selanjutnya adalah locate yang memungkinkan pengguna melacak keberadaan ponsel. "Setelah memasukkan password, dan memerintahkan program ini, pemilik akan mengetahui posisi ponselnya."

Berikutnya adalah wipe atau penghapusan data secara otomatis. "Semua data di ponsel dan juga memory card akan dihapus," kata Rita.

Terakhir adalah sneak peak yang dapat digunakan khusus bagi ponsel pintar dengan kamera depan. "Jika kita memerintahkan program sneak peak, maka ponsel secara otomatis dapat memotret si pencuri tanpa diketahui. Fitur sneak peak bisa digunakan sepuluh kali," ucapnya.

Namun dia mengingatkan, fitur tersebut hanya bisa bekerja jika ponsel dalam keadaan aktif. "Perintah bisa dikirimkan lewat SMS, kecuali sneak peak," ujar Rita.

Harga paket berlangganan Norton Mobile Security adalah Rp 150 ribu selama setahun. Produk ini tersedia di 14 retail IT di seluruh Indonesia.

Norton juga bekerja sama dengan penyedia layanan seluler XL yang menyediakan paket satu minggu dengan harga Rp 5.500 dan paket satu bulan seharga Rp 11 ribu. Pengguna cukup menekan *123*5847# melalui menu UMB. Adapun promo juga berlaku jika program dibeli melalui tokopda.com, yaitu paket enam bulan seharga Rp 75 ribu.

Rita optimistis produknya laku di pasaran mengingat perkembangan pengguna ponsel pintar semakin bertambah. "Ada kenaikan sekitar 44 persen pada 2012," ucapnya.

SATWIKA MOVEMENTI
Terhangat:
Evaluasi Jokowi
| Kenaikan Harga BBM | Rusuh KJRI Jeddah

Berita Terkait
Hanura: Harga BBM Boleh Naik, Asalkan...

Spanduk Tolak Kenaikan BBM PKS Dicopot 

Muhaimin: Yang Tolak BBM Naik, Tak Mengerti Masalah

Demokrat: Menteri PKS Lebih Baik Mundur

Istana: Ini Bukan Saat Tepat Provokasi Politik

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions