Senin, 03 Juni 2013

Home » Tempo.co News Site: Data Satelit Landsat 8 Bisa Diunduh Gratis

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Data Satelit Landsat 8 Bisa Diunduh Gratis
Jun 3rd 2013, 21:37

TEMPO.CO , Jakarta:Kini data milik satelit NASA Landsat 8 dapat diunduh secara gratis. Cara ini memudahkan ilmuwan dan masyarakat untuk mendapatkan gambar mengenai obyek selama 12 jam terakhir. Data tersedia melalui GloVis, EarthExplorer, dan Landsat Look Viewer.

Landsat 8 diluncurkan Februari 2013 lalu dan mulai membidik obyek pada April. Satelit tersebut melintasi orbitnya setiap 99 menit dan menangkap gambar di setiap poin planet bumi setiap 16 hari, dan menghasilkan 400 gambar beresolusi tinggi setiap 24 jam.

Landsat terdiri dari sembilan bagian, yaitu tiga untuk pencahayaan, dua sensor inframerah, dua gelombang pendek inframerah atau shortwave infrared (SWIR), dan dua sensor yang dapat menangkap panas, yang digunakan untuk meneliti aplikasi dalam jangkauan yang luas. Sensor yang dapat menangkap energi panas tersebut, biasa digunakan untuk memonitor perubahan lingkungan, mendeteksi api, dan mendeteksi panen.

Google adalah salah satu pihak yang paling banyak menggunakan gambar yang dihasilkan oleh Landsat, bagi Google Earth. Pihak lain yang juga banyak menggunakan adalah ilmuwan dan pengamat yang meneliti kerusakan hutan.

Landsat 8 dijalankan oleh NASA dan U.S Geological Survey (USGS). Satelit ini merupakan kelanjutan dari Landsat 7. Landsat 7 sempat mengalami masalah pada 2003 akibat kerusakan sensor yang menyebabkan hilangnya data.

Landsat 8 adalah satelit observasi bumi yang paling akurat. Satelit observasi tersebut merupakan yang ke delapan sejak pertama kali diluncurkan pada 1972.

Bagi komunitas konservasi, peluncuran Landsat 8 merupakan kabar gembira. Mereka mengatakan, dapat semakin mudah meneliti gambar yang dibidik oleh landsat untuk memonitor hutan secara real time, dan dapat langsung menindak para pihak yang melakukan perusakan hutan.

Sebelumnya, gambar yang dihasilkan Landsat merupakan pedoman penting untuk melacak lahan yang bisa digunakan dari waktu ke waktu, termasuk mengetahui perluasan lahan kelapa sawit di Malaysia dan Indonesia. Juga, mengetahui pengolahan industri pengolahan kayu di Sumatera, penebangan hutan hujan tropis di Peru, serta perusakan perkebunan kedelai dan peternakan di Amazon, Brasil.

"Landsat 8 adalah satelit yang sangat dibutuhkan bagi pemetaan, pengamatan, dan analisis sumber daya yang ada di bumi," ujar ilmuwan senior Carnegie Institution for Science's Departement of Global Ecology, Greg Asner. Dia mengatakan, hampir setiap negara memiliki tindakan serius untuk memonitor kerusakan hutannya.

Asner yang memimpin tim untuk memonitor kerusakan hutan, menyatakan, tersedianya data Landsat 8 secara cuma-cuma, menandai adanya perkembangan penting, mengingat kegagalan Landsat 5 dan rusaknya Landsat 7. "Saya merasa senang dapat turut membantu komunitas untuk konservasi dan manajemen hutan tropis, dengan menggunakan data satelit".

MONGABAY | SATWIKA MOVEMENTI
Topik terhangat:
Penembakan Tito Kei
| Tarif Baru KRL| Kisruh Kartu Jakarta Sehat | PKS Vs KPK

Berita lainnya:
Malam Jahanam, Geng Motor Atiet Abang Dijebak XTC

Baliho Hanura: Harry Tanoe, Wiranto, dan Soeharto
John Kei Hanya Boleh Layat Anak atau Orang Tua

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions