Kamis, 20 Juni 2013

Home » Tempo.co News Site: Kacamata Cerdas Bisa Tolong Siswa Pemalu

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Kacamata Cerdas Bisa Tolong Siswa Pemalu
Jun 20th 2013, 06:37

TEMPO.CO, Madrid - Dalam sebuah kelas pengajaran, kadang siswa malu mengangkat tangan untuk bertanya kepada dosen perihal bahan ajar yang belum dipahami. Kini, ada teknologi baru yaitu kacamata cerdas yang memungkinkan dosen mengukur efektivitas pengajaran mereka berdasarkan simbol yang mengambang di atas kepala siswa.

Ilmuwan komputer di Universidad Carlos III of Madrid mengembangkan teknologi kacamata cerdas tersebut. Memakai kacamata ini maka siswa dapat berinteraksi jarak jauh dengan menggunakan ponsel mereka. Caranya, siswa mengirim pesan ke kacamata yang dipakai dosen tersebut. Kemudian kacamata tersebut membaca simbol yang mengambang di atas kepala siswa. Tanda check hijau menunjukkan bahwa "Saya mengerti" dan X merah untuk "Saya tidak mengerti".

Kacamata cerdas ini juga mengkompilasi statistik real-time. Disana akan terlihat pie chart di sudut kanan atas kacamata sehingga memungkinkan dosen tersebut menilai dengan cepat respon umum kelas selama perkuliahan diberikan.

Para peneliti berharap teknologi ini akan menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman bagi siswa yang terlalu malu mengangkat tangan ketika ia masih kebingungan di dalam kelas. "Teknologi ini akan membantu mengatasi rasa takut siswa ketika berbicara di depan kelas," kata Ignacio Aedo, ilmuwan komputer yang terlibat dalam studi ini.

Untuk menguji teknologi ini, dosen harus menggunakan kacamata selama 15 menit di kelas ilmu komputer yang diikuti oleh 11 mahasiswa. Setelah itu, para peneliti mewawancarai dosen tentang pengalamannya dan meminta siswa untuk mengisi survei tentang efektivitas perangkat.

Tim peneliti melaporkan penemuan ini di British Journal of Educational Technology. Dosen maupun siswa pada umumnya menyambut positif teknologi ini. Namun para peneliti mengakui bahwa studi kasus mereka terlalu kecil untuk menarik kesimpulan dan menilai efektivitas perangkat.

Mereka juga menunjukkan perangkat prototipe tersebut cukup berat dan mungkin tidak nyaman dipakai dosen dalam jangka waktu yang lama. Tim peneliti berencana untuk membuat kacamata yang lebih ringan dan lebih murah.

LIVE SCIENCE | ISMI WAHID

Berita Lain:
HTC Mengkonfirmasi HTC One Mini

Tepuk Tangan Itu Menular

HTC Mengumumkan Desire 200 

Panasonic ToughPad JT-B1, Tablet Pekerja Bangunan

Facebook Luncurkan Fitur Komentar Foto  

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions