Minggu, 09 Juni 2013

Home » Tempo.co News Site: Oarfish, Ikan Langka Ditemukan dalam Keadaan Hidup

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Oarfish, Ikan Langka Ditemukan dalam Keadaan Hidup
Jun 10th 2013, 01:13

Oarfish, Ikan Langka Ditemukan dalam Keadaan Hidup

Panjang Ikan raja hering bisa mencapai belasan meter. Tampak betapa panjang salah satu yang terdampar di Meksiko pada 2007. Di Jepang, kemunculan ikan laut dalam ini dipercaya sebagai pertanda bakal datangnya gempa. (Foto: bloodydecks.com)

TEMPO.CO – Meksiko, Para ilmuwan menangkap rekaman hidup ikan laut raksasa dari Teluk Meksiko. Hal ini merupakan yang pertama para ilmuwan dapat merekamnya di video HD. Oarfish atau Regalecus glesne, hidup begitu dalam di bawah laut. Makhluk ini  hanya dapat di temukan di kedalaman 3000 kaki di bawah permukaan laut. Ikan ini biasanya hanya terlihat ketika sudah mati terdampar atau memiliki luka yang sangat fatal.

Mark C. Benfield, seorang profesor oseanografi di Louisiana State University, adalah salah satu dari 16 ilmuwan yang mengambil gambar ikan tersebut ketika mereka sedang berlayar di atas Teluk Meksiko. Terlihat Oarfish mengambang vertikal, dengan kepala menengadah ke permukaan, "begitu menyenangkan bisa mendapatkan gambar hidup Oarfish," kata Benfield pada media. "Orang-orang pasti tidak akan percaya, ini hal yang menajubkan." Ungkapnya pada Nydailynews Kamis 9 Juni 2013.

Rekaman video Oarfish hidup yang memiliki panjang 8 kaki ini memiliki habitat asli di Teluk Meksiko. Rekaman video ini merupakan yang pertama kali dirilis oleh para peneliti. Ikan ini termasuk ke dalam kategori langka dan sangat jarang terlihat.

Saking langkanya sehingga ikan ini tidak pernah tertangkap kamera dalam keadaan hidup. Ia termasuk ke dalam keluarga Regalecidae yang memiliki empat spesies. Salah satu spesies, Regalecus Glesne, yang sedang kita bicarakan ini, pernah masuk ke dalam Guinnes Book of World Record karena pernah ditemukan dengan panjang tubuh hingga 11 meter.

Seperti laporan dari Benfield di Journal of Fish Biology menjelaskan, ikan tersebut tidak menunjukkan ketakutan ketika diambil gambarnya. Setelah muncul sekitar 10 menit, ikan akhirnya melarikan diri tiba-tiba dari permukaan.

NYDAILYNEWS.COM | ANINDYA LEGIA PUTRI


Baca Juga:
Taufiq Kiemas dan Kacamata Budiman Sudjatmiko

Jokowi 'Diam' Melayat ke Rumah Duka Taufiq Kiemas  

Pemukul Pramugari Tidak Dikenakan UU Penerbangan

Perjalanan Politik Taufiq Kiemas

Mega Tunjuk Sulungnya Beri Sambutan untuk Kiemas

Ini Dia Anak Alay yang Ada di Dahsyat  

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions