Kamis, 20 Juni 2013

Home » Tempo.co News Site: Persaingan Instagram dan Vine Makin Sengit

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Persaingan Instagram dan Vine Makin Sengit
Jun 21st 2013, 05:03

TEMPO.CO, California - Facebook telah mengumumkan fitur video baru untuk Instagram setelah Twitter meluncurkan aplikasi video serupa yaitu Vine. Mengingat persaingan di dunia jejaring sosial, bisakah kedua aplikasi video itu hidup berdampingan?

"Bisa,"menurut analis Greg Sterling. "Sebab Instagram dan Vine memberikan layanan pada audiens yang berbeda,"ia berpendapat.

Fitur baru dari Instagram memberikan pengguna keleluasaan dalam merekam video dengan rentang waktu 3-15 detik dengan 13 filter baru. Pengguna Instagram bisa mengedit video dengan menghapus klip yang mereka rekam. Dan pada iOS, aplikasi itu punya modus "bioskop" untuk mengurangi guncangan dan menghasilkan video yang lebih profesional.

Vine, aplikasi video yang memberikan hanya 3-6 detik durasi video tanpa filter, editing atau stabilisasi gambar. Jadi, jika video sudah direkam, pengguna hanya bisa memilih untuk menyimpannya, mengunggah atau memulai dari awal.

Pengguna Vine bisa membagikan video ke jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook. Sedangkan pengguna Instagram bisa berbagi video di aplikasi Instagram itu sendiri, Facebook, Twitter, Tumblr dan Foursquare.

"Vine seperti makanan cepat saji, sedangkan Instagram seperti makanan di restoran yang lebih mewah," kata analis, Jan Dawson. Tidak ada yang salah dengan hal itu, Dawson mengatakan. "Terkadang Anda hanya butuh beli burger lalu pergi,"kata Dawson. "Di aplikasi Vine, Anda seperti berbagi video lalu melupakannya."

Pendapat lain mengatakan bahwa Vine dan Instagram tidak memberikan layanan pada audiens yang berbeda meski mereka mewakili jejaring sosial yang berbeda. Mereka masing-masing berupaya meraih pengguna sebanyak mungkin.

Langkah selanjutnya bukan soal panjang durasi video atau jumlah filter. Tapi, aplikasi mana yang lebih mudah digunakan, menurut analis, Reiss Davis.

CNET | APRILIANI GITA FITRIA

Berita terpopuler:
Supermoon Terbesar Akan Muncul 23 Juni 

iPhone Murah Mulai Dijual di Indonesia 

Misteri Batu Bergerak Death Valley Kini Terkuak

Facebook Luncurkan Fitur Komentar Foto

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions