Selasa, 02 Juli 2013

Home » KOMPAStekno: Meski Bongsor, Xperia Z Ultra Ramah Kantong

,
Changes are afoot at Blogtrottr!
By popular request, we're bringing in paid plans with some cool new features (and more on the way). You can read all about it in our blog post.
KOMPAStekno
News and Service // via fulltextrssfeed.com
Meski Bongsor, Xperia Z Ultra Ramah Kantong
Jul 2nd 2013, 06:16

oik yusuf/ kompas.com Sony Xperia Z Ultra

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kekhawatiran yang muncul terkait ukuran layar Xperia Z Ultra dari Sony adalah bagaimana perangkat ini bisa digunakan dan disimpan layaknya smartphone. Dengan bentang 6,5 inci, Xperia Z Ultra memang tergolong jumbo, jauh lebih besar dibanding Xperia Z atau Samsung Galaxy S4 sekalipun seperti bisa dilihat pada gambar di bawah

Kendati demikian, pihak Sony berargumen bahwa ukuran tersebut bukan asal dibikin, tapi merupakan buah dari hasil riset yang seksama dan karena itu dijamin tetap mudah dipakai.

oik yusuf/ kompas.com
Perbandingan ukuran Xperia Z Ultra (kiri) dengan Xperia Z (tengah) dan Galaxy S4

"Secara ergonomis, Xperia Z adalah produk yang bagus," ujar Wakil Presiden Korporat Sony Mobile Communications untuk wilayah Asia Pasifik dan Oceania Matthew Lang ketika ditemui Kompas Tekno di Jakarta, Senin (1/7/2013). "Lebarnya ini sengaja dibuat agar seukuran paspor sehingga muat di kantung baju, jas, jaket, dan lain-lain karena pakaian-pakaian memang dibuat sesuai dengan ukuran paspor."

Ketika coba diselipkan ke kantong kemeja oleh Kompas Tekno, Xperia Z Ultra bisa masuk dengan mudah, tapi sisi atasnya menyembul sekitar 2 cm dari batas kantong. Di kantong celana jeans, "kehadiran" perangkat ini tentu akan sangat terasa.

Lebarnya layar Xperia Z Ultra juga membuat Sony berinisiatif menambahkan opsi keyboard khusus bernama one-hand mode yang merapatkan posisi tombol-tombol virtual ke salah satu sisi layar (kanan atau kiri) sehingga lebih mudah dijangkau jari tangan yang berada di sisi tersebut.

oik yusuf/ kompas.com Dibandingkan Xperia Z (atas), Xperia Z Ultra lebih tipis

Ukuran layar Xperia Z Ultra juga membuatnya lebih nyaman ketika dipakai browsing atau menggambar di layar, mirip dengan seri produk Galaxy Note dari Samsung yang dibekali pelengkap stylus. Bedanya, Xperia Z Ultra diklaim bisa turut merespon input dari alat tulis sehari-hari seperti ballpoint atu pensil.

Lang mengatakan langkah Sony menanamkan display ekstra lega pada Xperia Z Ultra dipicu oleh hasil dari penelitian internal di mana pihaknya menemukan bahwa 60 persen pengguna smartphone menyatakan lebih menyukai perangkat dengan layar berukuran besar. "Sebanyak 20 persen tertarik dengan layar yang sangat besar," ungkapnya.

Ada yang menyebut Xperia Z Ultra sebagai perangkat "phablet" lantaran ukuran layarnya itu. Tapi, Lang menegaskan bahwa produk ini tak lain dan tak bukan adalah sebuah smartphone.

Lalu, apakah Xperia Z Ultra akan diterima oleh pasar? Lang menyatakan optimis. "Dulu, Xperia Z (5 inci) juga dibilang besar, tapi kini ukuran itu sudah biasa. Saya tidak tahu layar 6,5 inci ini bakal terlihat 'normal' atau tidak. Yang jelas kami telah riset sebelumnya dan saya yakin konsumen akan suka," tandasnya, sembari menjanjikan ponsel jumbo itu akan "kompetitif" dari segi harga.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions