Senin, 29 Juli 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Astronom Temukan Ledakan Bintang di Luar Angkasa

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com 
Astronom Temukan Ledakan Bintang di Luar Angkasa
Jul 29th 2013, 09:01

CALIFORNIA - Astronom mengonfirmasi bahwa mereka telah menemukan ledakan bintang di galaksi cerah spiral M74. Menggunakan teleskop robot di puncak Gunung Hamilton di California, tim Lick Observatory Supernova Search mengumumkan adanya ledakan bintang tersebut.

Dilansir Skyandtelescope, Senin (29/7/2013), tim mengumumkan bahwa muncul pijaran melalui teleskop dengan kekuatan magnitudo 13,5 yang ditemukan sekira 2.7 arcminutes dari inti galaksi pada 25 Juli 2013. Sejak deteksi awal, ledakan tersebut berangsur redup sekira kekuatan magnitudo 12,8.

Ilmuwan menjelaskan, ledakan menunjukkan adanya rangkaian sinar biru dengan garis emisi Balmer dari atom hidrogen yang khas dari tipe muda supernova II. Ini menandakan ledakan tersebut dihasilkan ketika sebuah bintang masif tunggal runtuh ke dalam inti yang tidak stabil dan meledak.

Galaksi Messier 74 (M74) ini merupakan galasi spiral yang relatif cerah dengan jarak 30 juta tahun cahaya. Banyak pengamat perbintangan di seluruh dunia telah merekam supernova yang berada di area tertentu pada inti galaksi tersebut.

Galaksi M74 juga telah ditargetkan lebih dari sekali oleh teleskop luar angkasa Hubble. Rubab Khan (Ohio State University) melaporkan bahwa Spitzer Space Telescope dengan pengamatan inframerah menunjukan sebuah bintang kandidat dalam lokasi supernova yang kabarnya lebih cerah 30 ribu kali lipat daripada matahari.

Terletak di Observatorium Lick, teleskop Kait adalah reflektor dengan ukuran panjang 0,76 meter yang didedikasikan untuk memindai langit setiap malam guna mencari ledakan bintang. Sejak 1998, teleskop ini telah menangkap 900 supernova atau ledakan bintang. (fmh)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions