Rabu, 31 Juli 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Ilmuwan Teliti Perputaran Lubang Hitam di Angkasa

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com 
Ilmuwan Teliti Perputaran Lubang Hitam di Angkasa
Jul 31st 2013, 07:26

CALIFORNIA – Alam semesta selalu memiliki daya tarik tersendiri untuk dipelajari lebih dalam. Termasuk, penemuan baru mengenai lubang hitam di luar angkasa.

Para astronom telah menyaksikan lubang hitam menjadi inti yang dikelilingi galaksi spiral yang berjarak sekira 500 juta tahun cahaya dari Bumi. Dengan mengukur jarak antara tepi dalam dari disk dan lubang hitam ini memungkinkan mereka untuk memprediksi perputaran lubang hitam tersebut seperti dilaporkan Space.com.

Sebelumnya para astronom juga pernah melakukan usaha pengukuran distorsi cahaya berenergi tinggi yang dipancarkan oleh atom besi dalam disk akresi. Tetapi, kali ini mereka menggunakan metode berbeda. Demikian disitat Softpedia, Rabu (31/7/2013).

"Ketika lubang hitam berputar, ia membawa partikel-partikel kecil di sekitarnya untuk mendekat ke arah lubang hitam. Sehingga, lubang hitam tersebut berputar lebih cepat lagi dan lagi," ungkap penulis utama studi tersebut, Chris Done.

Studi ini menunjukkan bahwa lubang hitam tersebut memiliki tingkat putaran relatif rendah. Dengan penemuan metode ini, diharapkan bisa membantu para astronom menjawab banyak pertanyaan seputar evolusi galaksi. (amr)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions