Rabu, 17 Juli 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Kunci Sukses Berbisnis, Jangan Lupakan TI

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com
Kunci Sukses Berbisnis, Jangan Lupakan TI
Jul 18th 2013, 00:41

JAKARTA - Tak dapat dipungkiri lagi, teknologi memiliki pernanan penting dalam dunia berbisnis. Bahkan, saat ini teknologi informasi (IT) kerap menjadi roda penggerak kemajuan perusahaan.

Menyadari akan hal ini, banyak perusahaan mulai memanfaatkan teknologi canggih seperti awan (cloud), mobile device, media sosial, dan analisis manajemen data yang besar (big data) untuk mendorong transformasi bisnis dan meningkatkan keunggulan kompetitif. Namun, tidak sedikit juga perusahaan yang belum 'melek' teknologi.

"Dari pengamatan saya, sejak 1980-an sampai sekarang masih banyak perusahaan yang belum bisa memanfaatkan TI dengan baik, terutama di daerah-daerah. Ibarat kata, walaupun mereka sudah punya mesin kasir tapi masih saja menggunakan kalkulator (tradisional)," ujar Managing Director PT CA Solusi Teknologi, Aswil Nazir dalam media briefing di Jakarta, Semalam.

Menurutnya, penyebab ketidakmaksimalan penggunaan TI karena kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni di bidang tersebut, baik secara teori maupun praktek. Padahal, nilai kemajuan bisnis tidak lagi hanya diukur dari banyaknya staf TI, daya komputasi (MIP) di bawah manajemen atau luasnya pusat data.

Sebaliknya, nilai TI harus berhubungan dengan penyediaan inovasi, percepatan, wawasan, dan keamanan kebutuhan bisnis untuk menghasilkan keuntungan kompetitif dengan menggunakan sumber daya baik dari dalam maupun luar perusahaan.

"Sebenarnya, tidak masalah bila perusahaan menggunakan software yang sama. Software boleh sama, tapi kalau cara pengaplikasiannya lain maka hasilnya pun bisa berbeda. Kalau mau bisnis sukses, tidak bisa lupakan TI!," tutupnya. (fmh)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions