Selasa, 30 Juli 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Observasi Sinar-X Tangkap Objek Unik Planet Asing

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com 
Observasi Sinar-X Tangkap Objek Unik Planet Asing
Jul 30th 2013, 08:01

CALIFORNIA - Observasi X-ray atau sinar-X menangkap objek unik berupa planet asing atau exoplanet yang tampak bertengger di atas bintang induknya. Titik hitam yang terlihat di atas bintang induknya merupakan siluet dari exoplanet.

Dilansir Astrobio, Selasa (30/7/2013), ilmuwan yang menggunakan teknologi observasi sinar-X bisa mendapatkan informasi tambahan mengenai exoplanet. Gambar yang ditangkap ini juga merupakan yang pertama kalinya exoplanet berhasil ditemukan melewati bagian depan bintang induknya.

Untuk kali pertama sejak exoplanet atau planet di sekitar bintang ditemukan 20 tahun lalu, observasi sinar-X mendeteksi planet asing tersebut yang transit di depan bintang induk. Pada transit tersebut, exoplanet berada di posisi selaras dengan bintang induk di sistem HD 189733.

Sistem HD 189733 ini berjarak 63 tahun cahaya dari Bumi dan memungkinkan Chandra X-ray Observatory milik NASA dan XMM Newton Observatory milik European Space Agency (ESA) mengamati transit bintang. "Ribuan kandidat planet telah terlihat transit di cahaya optik," Katja Poppenhaeger dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA), Cambridge.

Ia mengatakan, mempelajari objek luar angkasa menggunakan sinar-X adalah penting karena ini bisa mengungkap informasi baru tentang sifat-sifat sebuah planet ekstrasurya. Tim menggunakan Chandra X-ray Observatory untuk mengamati enam transit dan data dari observasi XMM Newton.

Planet yang dikenal dengan nama HD 189733b ini merupakan 'Jupiter panas', yang berarti planet tersebut memiliki ukuran  yang serupa dengan Jupiter dan bersuhu tinggi. Sebab, planet tersebut memiliki orbit yang sangat dekat dengan bintang induknya.

Planet HD 189733b memiliki kedekatan lebih dari 30 kali lipat dengan bintang induknya dibandingkan kedekatan Bumi dengan matahari. Planet asing tersebut mengorbit bintangnya setiap 2,2 hari. (fmh)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions