Selasa, 16 Juli 2013

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Peneliti Temukan Spesies Baru Dinosaurus Raksasa

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno // via fulltextrssfeed.com
Peneliti Temukan Spesies Baru Dinosaurus Raksasa
Jul 17th 2013, 04:45

WASHINGTON - Paleontolog menemukan fosil dinosaurus yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Dinosaurus raksasa bertanduk ini diyakini pernah hidup di sebuah pulau yang dikenal sebagai Laramidia.

Dinamakan Nasutoceratops titusi, makhluk hidup purbakala ini dipercaya pernah hidup di Zaman Kapur sekira 76 juta tahun lalu. Dinosaurus jenis herbivora ini termasuk dalam keluarga ceratops, yang memiliki tanduk panjang.

Ketika ditemukan, fosil dinosaurus ini hampir utuh, yang terdiri dari moncongnya yang besar. Bagian tanduknya panjang, yang menyerupai mata pisau dan terletak di atas mata. Peneliti mengukur panjang hewan purba ini dari ekor sampai tanduk mencapai sekira empat meter.

Semua jenis ceratops memiliki daerah hidup sangat besar, namun Nasutoceratops merupakan yang paling besar. "Schnoz (jenis hidung tertentu) ukuran jumbo dari Nasutoceratops mungkin tidak ada hubungannya dengan sensitif terhadap bau, karena reseptor penciuman terletak lebih jauh di belakang kepala, berdekatan dengan otak," jelas Scott Sampson dari University of Utah, seperti dikutip Abc, Rabu (17/7/2013).

Rekan peneliti Scott, Mark Loewen mengungkapkan tanduk menakjubkan dinosaurus ini tampaknya digunakan sebagai penanda visual. Tanduk panjang ini juga menjadi senjata Nasutoceratops untuk bertempur dengan musuhnya.

Di masa lampau, laut melebar hingga ke tengah Amerika utara, meninggalkan dua daratan besar. Salah satu daratan di bagian timur disebut Appalachia, sedangkan daratan di barat memiliki luas seukuran benua Australia, dinamakan Laramidia.

Laramidia merupakan tanah yang pernah dihuni dinosaurus seperti tyrannosaurs, hadrosaurs, dromaeosaurids and troodoontids. (fmh)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions