Kamis, 11 Juli 2013

Home » Tempo.co News Site: Gunung Padang Diduga Lebih Tua dari Piramida Mesir

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co // via fulltextrssfeed.com
Gunung Padang Diduga Lebih Tua dari Piramida Mesir
Jul 12th 2013, 03:22

TEMPO.CO, Cianjur - Situs Gunung Padang Desa Karyamukti, Cempaka, Cianjur, Jawa Barat, diyakini berusia lebih tua dari Piramida di Mesir. Para peneliti mendasarkan keyakinannya pada hasil penelitian terhadap sembilan titik lokasi ekskavasi yang menemukan dua lapisan dengan struktur berbeda pada kedalaman yang berbeda.

Ketua Arkelogi Tim Terpadu Riset Mandiri, Ali Akbar mengatakan kedua lapisan tersebut memiliki usia berbeda. Berdasarkan hasil laboratorium sebelumnya lapisan pertama berusia 500 SM, sedangkan lapisan kedua berusia 4.500 SM. "Lapisan pertama dan kedua itu memiliki usia yang berbeda. Sedangkan, secara kasat mata terdapat perbedaan cara dalam penyusunan batu," ujar Ali di Cianjur, Jumat, 12 Juli 2013.

Ali mengatakan, batu pada lapisan pertama dan lapisan kedua memiliki perbedaan ukuran. Batu-batu yang disusun di lapisan kedua ukurannya lebih besar.

Tim gabungan akan terus berusaha membuktikan adanya struktur yang berusia lebih tua dari Piramida Mesir. "Hal itu dilakukan untuk mengetahui kedalaman dan luas dari lapisan pertama," kata dia. "Karena itu ekskavasi akan terus dilanjutkan untuk mengungkap misteri situs megalit tersebut."

Tim juga akan membawa temuan baru berupa beberapa gram arang untuk memperkuat keyakinan adanya struktur berusia lebih tua. Arang berwarna hitam pekat tersebut ditemukan di lapisan kedua. Arang nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk diteliti usianya.

"Arang ini bukan semen purba seperti yang kami temukan sebelumnya," dia menerangkan. "Asumsi ditemukannya arang ini dimungkinkan adanya aktifitas pembakaran. Karena jumlahnya sedikit, arang ini akan diperiksa di luar negeri untuk mengetahui usianya. Kalau diperiksa di Indonesia membutuhkan ratusan gram."

Terkait dengan pengupasan, Ali menyebutkan, terasering yang diyakini merupakan bagian dari bentuk Gunung Padang mulai semakin jelas. Berdasarkan pengupasan, terasering yang ditemukan tidak lagi lurus. Sehingga, terasering yang ditemukan memiliki pola yang berbeda. "Ada yang ke samping, ada yang ke bawah tapi polanya jelas memanjang dan mengelilingi situs ini," tandasnya.

DEDEN ABDUL AZIZ

Topik Terhangat:
Karya Penemu Muda
| Bursa Capres 2014 | Ribut Kabut Asap | Tarif Progresif KRL | Bencana Aceh

Baca Juga:
Ini Pengakuan Penulis Buku SD 'Porno' Anak Gembala 

Alex Noerdin Batal Jadi Gubernur Sumatera Selatan

Sefti Ingin Jenguk Fathanah di Bilik Asmara 

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions