Minggu, 20 Juli 2014

Home » ANTARA News - Teknologi: LIPI: antibiotik mikroba Indonesia jadi incaran asing

,
ANTARA News - Teknologi
News And Service 
Let the jobs find you

Instantly post your resume to 75+ job sites. You can save 60 hours off your job search.
From our sponsors
LIPI: antibiotik mikroba Indonesia jadi incaran asing
Jul 20th 2014, 13:37

Jakarta (ANTARA News) - Keanekaragaman hayati Indonesia banyak memiliki potensi dengan nilai tak terhingga karenanya selalu menjadi incaran pihak asing termasuk mikroba penghasil antibiotik, kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Siti Nuramaliati Prijono.

"Asing banyak cari antibiotik mikroba dari Indonesia. Kebanyakan dari Amerika, Jerman, dan Prancis," kata Siti Nuramaliati Prijono, di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan selama ini sangat sulit untuk menangkal pencurian mikroba mengingat ukurannya yang begitu kecil.

"Terkadang oknum peneliti asing cukup mengambil segenggam tanah dari tempat ekstrim di Indonesia, dan isinya bisa mikroba sebanyak makhluk di bumi. Terkadang hanya cukup melekatkan di sepatu, mereka bisa lolos membawa keluar mikroba," ujar dia.

Potensi besar dari mikroba, menurut dia, sudah diketahui banyak pihak. Namun memang perlu penelitian jangka panjang hingga dapat memanfaatkan mikroba tersebut dalam kehidupan.

"Kita ada penelitian mikroba dengan Jerman, dan diketahui itu bisa untuk obat. Tapi ya itu tadi, masih butuh penelitian jangka panjang, dengan transfer knowledge screening dari sana mudah-mudahan hasilnya bisa lebih cepat dirasakan," ujar dia.

Kerja sama penelitian lain yang sudah dilakukan yakni dengan Amerika Serikat. Hasilnya ditemukan mikroba yang hidup dalam usus kumbang yang dapat menjadi sumber energi.

Sedangkan untuk sektor pertanian, sudah ada pupuk organik yang dikembangkan dari mikroba pemicu hormon pertumbuhan. Penelitian lain yang masih dikembangkan yakni yakni mikroba yang dapat menjadi antibiotik dan antikanker.

(V002)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions