Minggu, 20 Juli 2014

Home » Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia: Waspadalah! Password Kuat Belum Tentu Aman

,
Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia
Berita Teknologi Liputan6.com menyajikan kabar gadget terbaru, games keren, daftar aplikasi ponsel, aktititas internet hingga operator telekomunikasi 
50% off Print Subscription of USA Today

Get the news delivered to your doorstep. Lock in the savings and receive USA Today for just $0.75 a day.
From our sponsors
Waspadalah! Password Kuat Belum Tentu Aman
Jul 21st 2014, 02:11, by Iskandar

Liputan6.com, Para peneliti di Microsoft menghimbau para pengguna internet di dunia untuk menggunakan dan menggunakan kembali password berkategori lemah untuk akun yang tidak memiliki informasi berharga.

Langkah ini dilakukan untuk menghindari pengguna dalam mengingat password berkategori kuat yang tergolong unik dan kompleks atau sulit diingat. Dengan menggunakan kembali password yang lemah, pengguna dapat fokus mengingat password kompleks untuk akun yang memiliki data berharga seperti perbankan atau e-commerce.

Terlebih, peneliti Dinei Florencio dan Cormac Herley dari perusahaan software yang berbasis di Redmond serta Paul C van Oorschot dari Carelton University di Kanada, menyatakan bahwa sebagian besar perangkat lunak password managers kerap mengundang masalah ketimbang memecahkan masalah.

Meski password managers berguna sebagai pengingat password berkategori kompleks, pengguna juga berisiko kehilangan atau lupa dengan kata sandi yang digunakan untuk mengakses password managers sehingga menjadi celah para hacker untuk mencuri data pengguna.

"Strategi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan mekanisme reset password berbasis email, begitu pula dengan kata sandi yang ada pada password managers ," kata para peneliti, seperti dikutip dari Guardian, Senin (21/7/2014).

Kemudian, bila pengguna mulai menyimpan password di komputasi awan, risiko yang timbul juga berdampak pada orang lain. "Di satu sisi, satu password yang dicuri tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi, bisa menimbulkan risiko baru yang parah, jika master password digunakan oleh orang lain yang terinfeksi malware. Jika demikian, maka semua kredensial akan hilang," tambah para peneliti.

Apa yang harus dilakukan?

Para peneliti menyatakan bahwa pengguna harus memilih dan menggunakan kembali password yang mudah diingat untuk akun yang berisiko rendah guna memaksimalkan kemampuan mereka untuk mengingat password yang unik dan kompleks pada akun yang memiliki data berharga.

"Optimalkan dengan membebaskan ruang di otak Anda untuk membuat password perbankan yang rumit dengan menggunakan sesuatu yang mudah diingat, misalnya saja nama hewan peliharaan Anda," tukas para peneliti.

(Dewi Widya Ningrum)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions