Selasa, 29 Juli 2014

Home » Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia: Pemilik Situs Berita Online Palsu Diduga Cari Keuntungan

,
Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia
Berita Teknologi Liputan6.com menyajikan kabar gadget terbaru, games keren, daftar aplikasi ponsel, aktititas internet hingga operator telekomunikasi 
46% Will Die Broke!

Are You a Baby Boomer? 46% will die broke. Don't become a statistic! Get your FREE "Retirement Kit" Today AVOID this unfortunate fate. Instant download available!
From our sponsors
Pemilik Situs Berita Online Palsu Diduga Cari Keuntungan
Jul 29th 2014, 12:40, by Dewi Widya Ningrum

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini marak beredar situs-situs berita online palsu yang mendompleng sejumlah nama media ternama di Indonesia, termasuk Liputan6.com. Parahnya, situs tersebut memuat berita-berita hoax yang terkesan memprovokasi isu Pilpres.

Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bidang Sosialisasi dan Komunikasi, Sigit Widodo sangat menyayangkan adanya oknum-oknum yang ingin memancing di air keruh. Munculnya berita-berita hoax tersebut dikhawatirkan dapat memecah belah bangsa yang baru saja menyelesaikan tahapan Pilpres.

Sigit menilai, tindakan itu bisa saja dilakukan seseorang untuk membentuk opini publik yang salah. Tak hanya itu, motif lainnya adalah untuk menarik keuntungan.

"Selain untuk membentuk opini publik yang salah, bisa saja pembuatnya mencoba memanfaatkan sentimen pilpres yang tersisa untuk mengais-ngais keuntungan karena mereka juga memasang Google AdSense di situ. Makin banyak trafik yang masuk, mereka akan semakin banyak mendapat uang dari Google," ujar Sigit kepada tim Tekno Liputan6.com.

Dilihat dari sisi tampilan website, Sigit menduga situs berita hoax ini tidak digarap dengan profesional. "Website ini dibuat dengan program aplikasi Wordpress standar, yang bisa dibuat oleh siapapun dengan kemampuan IT yang sangat minim," paparnya.

Sigit menambahkan, masyarakat sebetulnya bisa dengan mudah membedakan situs palsu dengan situs berita yang asli dengan memperhatikan nama domain atau URL-nya saat masuk ke situsnya.

"Situs berita asli dirancang dengan lebih profesional dan tampilannya juga jauh lebih baik. Namun jika masuk ke versi mobile yang sama-sama sederhana, masyarakat bisa saja terkecoh," jelas Sigit.

Sigit mengimbau agar masyarakat - khususnya netizen - lebih berhati-hati dalam meneruskan atau membagikan berita di internet atau media sosial.

"Cek dulu kebenarannya, lihat websitenya, teliti URL-nya. Kalau sudah yakin beritanya dari sumber media online yang terpercaya, baru diteruskan atau dibagikan," imbaunya.

Baca juga:
Situs Berita Online Palsu Marak Beredar, Siapa Pemiliknya?
Cara Membedakan Situs Liputan6.com Asli dan Palsu
Waspadai Situs Palsu Liputan6.com

(Dewi Widya Ningrum)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions