Selasa, 29 Juli 2014

Home » Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia: Cara Membedakan Situs Liputan6.com Asli dan Palsu

,
Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia
Berita Teknologi Liputan6.com menyajikan kabar gadget terbaru, games keren, daftar aplikasi ponsel, aktititas internet hingga operator telekomunikasi 
The Next Generation in Online Meetings

GoTo Webinar is a new, affordable, do-it-yourself Web event service that doesn't require a consultant. Get $10 off after your complimentary trial.
From our sponsors
Cara Membedakan Situs Liputan6.com Asli dan Palsu
Jul 29th 2014, 10:56, by Dewi Widya Ningrum

Liputan6.com, Jakarta - Waspadalah sebelum menyebarkan berita yang dimuat situs berita online di media sosial. Pasalnya, saat ini marak beredar situs palsu yang mendompleng nama sejumlah situs berita ternama, Liputan6.com salah satunya.

Situs berita online yang dipalsukan antara lain liputan6.com, kompas.com, antaranews.com, detik.com, tempo.co, dan tribunnews.com. Lalu bagaimana cara membedakan situs palsu dengan yang asli secara kasat mata? Berikut perbandingannya, kita ambil contoh kasus situs Liputan6.com.

1. URL
Perbedaan situs palsu dengan situs asli Liputan6.com dapat dilihat dari URL yang digunakan. Untuk kanal berita politik dan peristiwa, Liputan6.com yang asli menggunakan URL news.liputan6.com, sedangkan yang palsu menggunakan liputan6.com--news.com.

2. Layout situs
Cara membedakan situs palsu dan asli dapat dilihat secara kasat mata melalui tampilan (layout) situsnya. Jika Anda membandingkannya, situs Liputan6.com yang asli dengan yang palsu sangat jauh berbeda dari sisi tampilannya.

Situs yang palsu tampilannya terlihat polos seperti blog, sedangkan layout situs berita Liputan6.com yang asli lengkap memajang daftar sub-sub kanal lainnya seperti news, tekno, bisnis, otomotif dan lainnya. Lalu ada sejumlah berita Headline di bagian atasnya dan berita-berita di bagian non-headline, serta ada kolom berita terpopuler dan terekomendasi serta tautan berita lainnya dari berbagai channel berita yang ada.

3. Logo
Perbedaan mencolok lainnya yang dapat dilihat secara kasat mata adalah dari logo. Situs palsu tidak mencantumkan logo Liputan6.com, sedangkan yang asli memajang logo media Liputan6.com.

4. Isi berita
Dari sisi isi berita, jika Anda rajin memantau perkembangan berita, terlihat bahwa isi berita yang dimuat oleh situs palsu bertentangan dengan berita aslinya yang dimuat di Liputan6.com. Misalnya di situs berita Liputan6.com palsu, memuat berita dengan judul 'Prabowo Unggul 54%, Fakta Hasil Pilpres 2014 Ditangan TNI-Polri'. Padahal faktanya tidak demikian.

Karena itu, sebelum menyebarkan URL berita di media sosial, ada baiknya Anda mengecek lebih dulu sumber serta isi beritanya.

(Dewi Widya Ningrum)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions