Minggu, 20 Juli 2014

Home » Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia: Layanan Email Ini Diklaim Paling Aman di Dunia

,
Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia
Berita Teknologi Liputan6.com menyajikan kabar gadget terbaru, games keren, daftar aplikasi ponsel, aktititas internet hingga operator telekomunikasi 
50% off Print Subscription of USA Today

Get the news delivered to your doorstep. Lock in the savings and receive USA Today for just $0.75 a day.
From our sponsors
Layanan Email Ini Diklaim Paling Aman di Dunia
Jul 21st 2014, 04:14, by Adhi Maulana

Liputan6.com, Jakarta - Ketika kabar pengintaian data privasi pengguna internet yang dilakukan intelijen Amerika Serikat (NSA) bocor ke publik, sontak masalah keamanan internet menjadi topik utama yang dibahas banyak orang. Termasuk bagi para ilmuwan nuklir di CERN (The European Council for Nuclear Research). 

Andy Yen, seorang mahasiswa PhD yang berkerja di CERN pun mengirimkan pesan sederhana pada teman-temannya melalui Facebook. Pesan tersebut berbunyi, "Saya sangat prihatin dengan masalah privasi di internet, dan saya bertanya-tanya, apa yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah ini?"

Yen beserta kedua orang teman, Jason Stockman dan Wei Sun, akhirnya memutuskan untuk menciptakan sebuah layanan email terenskripsi yang anti sadap. Maka lahirlah ProtonMail.

ProtonMail adalah layanan email terenkripsi dari sejak server hingga komputer penerima pesan. Sistem keamanan enkripsi yang digunakan ini mencegah pihak luar untuk menyadap pesan di awal pengiriman, di tengah perjalan, hingga pesan diterima.

Pesan yang dikirimkan via ProtonMail pun dapat langsung hancur secara otomatis jika sudah dibaca oleh penerimanya.

"Kami sudah mulai mengenkripsi email pada browser sebelum dikirim ke server. Pada saat sampai di server pun sudah dienkripsi, bahkan kami pun tidak bisa melihatnya, karena kami tidak memiliki kunci enkripsi yang kami buat," papar Yen seperti dikutip dari laman Forbes, Senin (21/7/2014).

Menurut penjelasan Yen, layanan Gmail dari Google pun sebenarnya menerapkan sistem enkripsi yang tidak jauh berbeda. Namun Google diketahui memiliki kunci enkripsi yang memungkinkan mereka untuk membuka email pengguna kapan pun mereka ingin.

Menariknya lagi, satu hal lain yang menjamin keamanan layanan ProtonMail adalah posisi servernya yang terletak di Swiss. Swiss adalah negara paling aman dan dikenal sangat menghargai privasi.

Yen menyebutkan bahwa sangat kecil kemungkinannya pemerintah Swiss untuk mengambil alih server yang mereka miliki. Berbeda dengan intervensi yang mungkin dilakukan oleh pemerintah lain, seperti Amerika Serikat contohnya.

(Dewi Widya Ningrum)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
protonmail.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions