Selasa, 29 Juli 2014

Home » Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia: Situs Berita Palsu Marak Beredar, Siapa Pemilik Domainnya?

,
Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia
Berita Teknologi Liputan6.com menyajikan kabar gadget terbaru, games keren, daftar aplikasi ponsel, aktititas internet hingga operator telekomunikasi 
Let the jobs find you

Instantly post your resume to 75+ job sites. You can save 60 hours off your job search.
From our sponsors
Situs Berita Palsu Marak Beredar, Siapa Pemilik Domainnya?
Jul 29th 2014, 11:48, by Dewi Widya Ningrum

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah situs berita media online di Indonesia dipalsukan nama domainnya oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Beberapa situs yang dipalsukan antara lain liputan6.com, kompas.com, antaranews.com, detik.com, tempo.co, tribunnews.com.

Data dari Whois menunjukkan, pelaku menggunakan nama domain com--news.com untuk membuat situs-situs berita palsu tersebut. Selanjutnya, pelaku membuat beberapa sub-domain dengan mendompleng nama-nama situs media online ternama. Misalnya, liputan6.com dipalsukan menjadi liputan6.com--news.com.

Lalu siapa sebenarnya pemilik nama domain tersebut?

Dilihat dari sisi teknis, Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bidang Sosialisasi dan Komunikasi, Sigit Widodo mengatakan, domain com--news.com didaftarkan di registrar 1and1.com.

"Kita tidak bisa melacak lebih lanjut pemilik nama domain ini karena registrar itu menyediakan fitur `private domain registration` yang memungkinkan registran pemilik nama domain tidak ditampilkan identitasnya," jelas Sigit yang dihubungi via email.

Sigit juga menuturkan, agak sulit untuk meminta 1and1.com untuk mengungkapkan identitas pemilik domain com--news.com. Sebab, registrar tersebut berasal Eropa dan memiliki cabang di belasan negara.

"Akan sangat sulit meminta mereka mematuhi permintaan dari pihak berwajib Indonesia, kalaupun masalah ini mau diselidiki," tutur Sigit.

Menurut Sigit, inilah yang membedakan domain .com dengan nama domain .id. Kalau menggunakan nama domain .id, lanjut Sigit, semua informasi akan ditampilkan secara transparan untuk publik dan tidak bisa disembunyikan. "PANDI serta seluruh registrar kami adalah institusi Indonesia yang tunduk pada hukum Indonesia," ujar pria berkacamata ini.

PANDI sendiri mengharuskan para registran pemilik nama domain untuk memberikan identitas asli saat mendaftarkan nana domain dengan melampirkan salinan dokumen identitas seperti KTP, SIM, atau paspor. Bahkan untuk beberapa nama domain seperti co.id, net.id, ac.id, desa.id, harus ada tambahan dokumen legalitas.

Meski sedikit lebih ribet, Sigit mengklaim nama domain .id tidak bisa disalahgunakan menjadi situs hoax karena identitasnya jelas. "Anonimitas di internet perlahan harus kita minimalisir karena rentan penipuan semacam ini," tutupnya.

(Dewi Widya Ningrum)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

Media files:
nama_domain.jpg
You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions