Sabtu, 26 Juli 2014

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Peneliti: Struktur Tanah di Mars Mirip Bumi

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno 
TypePad Has the Tools

Looking for a premiere blogging service? Start your blog today on TypePad.
From our sponsors
Peneliti: Struktur Tanah di Mars Mirip Bumi
Jul 27th 2014, 06:04

Minggu, 27 Juli 2014 - 13:04 wib | Advent Jose - Okezone

Peneliti: Struktur Tanah di Mars Mirip BumiIlustrasi planet Mars (Foto : Softpedia) OREGON - Peneliti dari University of Oregon, Gregory Retallack, mengklaim telah menemukan bukti baru tentang Mars. Dia mengatakan bahwa jutaan tahun lalu, Mars mungkin mengakomodasi kehidupan makhluk sejenis mikroba.
 
Dalam sebuah makalah yang diterbitkan dalam jurnal online Geologi awal pekan ini ilmuwan menjelaskan beberapa foto dari kawah Gale yang diambil oleh NASA melalui Curiosity.
 
Gregory tertarik pada tanah yang terletak di bawah kawah berumur 3,7 miliar tahun lalu. Peneliti itu berpendapat bahwa tanah ini mirip dengan yang ada di Bumi.
 
Tanah itu memiliki permukaan yang retak dilapisi dengan sulfat. Kemudian juga memiliki cekungan elips dengan konsentrasi sulfatnya, membuat tanah kawah Gale itu mirip dengan yang ada di daerah di Chili Atacama dan lembah kering Antartika.

"Ekspolarasi Mars kali ini mendapatkan penemuan yang tak terduga," kata ahli Geologi itu berpendapat seperti dikutip Softpedia, Minggu (27/7/2014).

Berdasarkan temuan ini, Gregory mengatakan planet Mars pernah menjadi lingkungan  yang hangat dan basah. Oleh karena itu bisa jadi dalam sejarahnya, di beberapa titik daerah di planet itu mampu menampung kehidupan mikroba.

"Data terbaru menunjukan tren pelapukan kimiawi yanh terjadi dan kondisi tanah yang mirip dengan Bumi dapat dikaitkan dengan aktifitas mikroba di Bumi," jelas Gregory (amr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions