Selasa, 29 Juli 2014

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Permukaan Air Laut Naik Karena Ulah Manusia

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno 
Let the jobs find you

Instantly post your resume to 75+ job sites. You can save 60 hours off your job search.
From our sponsors
Permukaan Air Laut Naik Karena Ulah Manusia
Jul 29th 2014, 08:05

Selasa, 29 Juli 2014 - 15:05 wib | Advent Jose - Okezone

Permukaan Air Laut Naik Karena Ulah ManusiaPermukaan Air Laut Naik Karena Ulah Manusia (Foto : Softpedia) HAMPTON - Tim peneliti dari Old Dominion University dan University of Colorado melakukan penelitian tentang kenaikan air laut. Mereka berpendapat, kenaikan permukaan air laut yang sedang berlangsung di Barat Samudera Pasifik bukan karena sebab-sebab alamiah, tapi buatan manusia.
 
Para ilmuwan berpendapat, berdasarkan bukti-bukti yang telah dikumpulkan, fenomena ini terjadi akibat perubahan iklim antropogenik. Terlebih lagi, mereka mengklaim bahwa permukaan laut di bagian dunia akan terus naik di tahun-tahun mendatang.
 
Dalam sebuah makalah di jurnal Nature Climate Change, para peneliti menjelaskan bahwa permukaan laut di lepas pantai Filipina dan utara Australia kini meningkat hingga satu sentimeter (sekira 0,4 inci) per tahun.
 
Beberapa waktu sebelumnya, mereka menjelaskan fenomena alam yang terjadi ini dikenal sebagai Pacific Decadal Oscillation (PDO) seperti dikutip Softpedia, Selasa (29/7/2014).
 
PDO mengacu pada pergeseran secara reguler suhu air yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca. Hal ini  tidak saja  mempengaruhi tingkat regional, tetapi juga permukaan laut secara  global. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan permukaan air laut tersebut.
 
Diperkirakan, untuk saat ini, permukaan laut global meningkat sekira 3 milimeter (atau 0,11 inci) per tahun.
 
(amr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions