Kamis, 31 Juli 2014

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Situs Peninggalan Manusia Purba 70 Ribu Tahun

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno 
Explore DIRECTV

Enjoy HD DVR service in every room. Get every game every Sunday. Watch hit movies and shows anywhere. Bundle and save today!
From our sponsors
Situs Peninggalan Manusia Purba 70 Ribu Tahun
Jul 31st 2014, 08:02

Kamis, 31 Juli 2014 - 15:02 wib | Ahmad Luthfi - Okezone

Situs Peninggalan Manusia Purba 70 Ribu Tahun Situs Peninggalan Manusia Purba 70 Ribu Tahun (Foto: Pasthorizonspr) KHARTOUM - Peneliti mengklaim menemukan area pemukiman kuno peninggalan manusia purba berusia 70 ribu tahun. Situs di daerah Afrika yang dikenal dengan nama Affad 23 ini mengungkap bangunan permanen peninggalan Homo Sapiens.

Peneliti mengungkapkan, manusia purba ini mampu beradaptasi dengan baik di lingkungan lahan basah. Bukti baru menunjukkan tingkat yang lebih maju dan adaptasi oleh manusia purba di Afrika selama era Middle Palaeolithic atau 70 ribu tahun lalu.

"Menemukan di Affad merupakan hal unik untuk era Middle Palaeolithic. Musim lalu, kami datang di beberapa jejak struktur kayu ringan," kata peneliti Marta Osypi?ska, seperti dilansir Pasthorizonspr, Kamis (31/7/2014).

Ia mengatakan, selama penelitian yang dilakukan baru-baru ini, tim dapat menemukan lokasi tepat keberadaan desa kuno. Tim mengidentifikasi area spesifik untuk pekerjaan batu api serta ruang untuk memotong hewan yang telah diburu.

Peneliti juga bekerja untuk mencatatkan spesies hewan apa saja yang diburu oleh manusia purba.  Dengan menganalisis perkakas, peneliti meyakini bahwa manusia purba berburu mamalia besar seperti gajah, kuda nil dan kerbau.

Tidak hanya itu, mereka juga diyakini berburu kera dan tikus. Peneliti percaya bahwa Homo sapiens awal pernah hidup di area Afrika pada 75 ribu dan 25 ribu tahun lalu.

"Pada tahap ini, kami tahu bahwa episode pemukiman Middle Palaeolithic di Affad terjadi pada akhir periode basah (hujan)," ungkap peneliti. Prediksi ini berdasarkan data lingkungna, termasuk daftar spesies hewan yang diburu. (ahl)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions