Rabu, 23 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Apple Bantah Gunakan Program Mata-mata

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Subscribe to Bloomberg Businessweek

Get Bloomberg Businessweek for 84% off what others pay on the newsstand - that's like getting 38 complimentary issues! Sign up today.
From our sponsors
Apple Bantah Gunakan Program Mata-mata
Jul 23rd 2014, 22:39

Berita Terkait

TEMPO.CO , California: Apple membantah adanya tudingan mengenai penggunaan program mata-mata atau pengintip, yang digunakan di iPhone dan iPad. Tudingan berasal dari dokumen mantan agen National Security Agency (NSA), Edward Snowden. Dalam dokumen itu disebutkan, Apple bekerja sama dengan NSA dalam memanfaatkan program backdoor untuk masuk ke suatu sistem.

"Kami telah merancang sistem operasi iOS yang fungsinya tidak melanggar privasi dan pengguna," ujar Apple lewat pernyataan resminya yang dilansir situs CNET. Meskipun demikian, Apple mengakui perihal kebutuhan informasi bagi departemen IT dan pengembang.

Apple menyatakan, pengguna harus mengetahui informasi dan menyetujui apabila ada permintaan dari Apple untuk mengakses data secara terbatas. Data pengguna diklaim tidak akan dibagikan ke pihak di luar Apple.

Isu perihal program mata-mata bukan hanya menimpa Apple. Perusahaan berbasis teknologi informasi lainnya juga dikabarkan mulai khawatir dengan adanya bocoran dokumen tersebut. Ancaman keamanan data, seperti yang dilakukan peretas, kerap terjadi karena adanya kepentingan dari pemerintah atau lembaga tertentu. Pihak ketiga kerap disewa untuk mengambil data yang tersimpan perangkat.

Jika bocoran dokumen Snowden benar, maka hal itu dapat merusak reputasi perusahaan yang berdampak pada penurunan pemasukan. "Perusahaan juga akan kehilangan kepercayaan dari konsumennya," ujar CNET.

Tanggapan Apple juga terkait dengan pernyataan pakar forensik ilmiah, Jonathan Zdziarski mengenai keterlibatan NSA yang memanfaatan iOS untuk mengumpulkan data. Meskipun tidak secara langsung menuduh Apple, namun dia yakin perusahaan yang berbasis di California tersebut memiliki program mata-mata.

"Saya tidak menuduh Apple bekerja sama dengan NSA, namun saya menduga NSA menggunakan layanan tersebut untuk mengumpulkan data targetnya," tulis Zdziarski lewat blog-nya. Dia juga menyatakan tidak menuding mengenai adanya konspirasi. Program yang ada di iOS, kata Zdziarski, tidak seharusnya digunakan.

CNET | SATWIKA MOVEMENTI

Terpopuler:
Kekejaman Politikus Cantik Israel pada Rakyat Gaza
Ahok Kaget Prabowo Tolak Pelaksanaan Pilpres
Jenderal Budiman Kerap Tak Seirama dengan Panglima
Marshanda Siap Terima Risiko Lepas Jilbab
Marshanda Tanggalkan Jilbab

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions