Jumat, 18 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Bakteri Ini Seperti Alien, Makan Energi Listrik

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
TypePad Has the Tools

Looking for a premiere blogging service? Start your blog today on TypePad.
From our sponsors
Bakteri Ini Seperti Alien, Makan Energi Listrik
Jul 18th 2014, 07:20

Berita Terkait

TEMPO.CO, Los Angeles - Bakteri hidup dengan mengkonsumsi beragam jenis makanan untuk mendapatkan energi. Namun tak ada bakteri seaneh bakteri pemakan listrik. Dua bakteri, Shewanella dan Geobacter, bisa memanfaatkan energi dalam bentuk termurninya: elektron. Mereka hidup dengan memakan energi listrik.

Dua jenis organisme sel satu ini ada di mana-mana dan bisa dipancing dengan menyalurkan elektron ke tempat tertentu. Sebuah eksperimen untuk menumbuhkan bakteri pada elektroda baterai menunjukkan organisme itu memakan dan mengeluarkan hasil metabolisme dalam bentuk listrik.

Kondisi hidup bakteri itu, jika dialami langsung oleh manusia, sebenarnya sangat berbahaya. Proses yang dialami bakteri dengan mengambil energi langsung dari elektroda baterai sama halnya seperti manusia memasukkan jari mereka ke soket listrik rumahan. (Baca: Bakteri Bisa Direkayasa untuk Hasilkan Listrik)

Penemuan bakteri pemakan listrik menunjukkan bahwa kehidupan dalam bentuk paling dasar bisa mengendalikan elektron yang merupakan wujud energi termurni. Di alam, bakteri-bakteri itu mendapatkan elektron dari mineral di sekitar mereka.

"Ini benar-benar asing, mereka seperti alien," kata Kenneth Nealson, ilmuwan dari University of Southern California, Los Angeles, seperti ditulis Newscientist, 16 Juli 2014.

Namun Nealson mengatakan hal yang dilakukan bakteri itu sebenarnya cukup normal di alam. Bentuk kehidupan, menurut Nealson, dibangun dari aliran elektron. "Manusia memakan gula yang juga punya kelebihan elektron dan bereaksi dengan oksigen saat bernapas," katanya. (Baca: Mikroba Jadi Sumber Listrik)

NEWSCIENTIST | GABRIEL WAHYU TITIYOGA

Terpopuler:
Penumpang MH17 Punya Firasat Bakal Celaka
KPK Gelar Ekspose Soal Muhtar Ependy
MH17 Lewat Dekat Zona Perang Demi Irit BBM?
Komnas HAM Pastikan Pemanggilan Paksa Kivlan Zen
Pesawat Malaysia Airlines Jatuh di Ukraina

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions