Kamis, 24 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Bos Xiaomi Akui Mi4 Terinspirasi Apple

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
TypePad Has the Tools

Looking for a premiere blogging service? Start your blog today on TypePad.
From our sponsors
Bos Xiaomi Akui Mi4 Terinspirasi Apple
Jul 24th 2014, 22:21

Berita Terkait

TEMPO.CO, Beijing - Vice President Xiaomi, Hugo Barra, mengakui terinspirasi Apple dalam menciptakan produk. Dia menyebut Apple sebagai perusahaan tempat berkumpulnya orang-orang berbakat. Meskipun demikian, Barra membantah tudingan Xiaomi menjiplak produk Apple. Ini terkait dengan kritik terhadap desain telepon pintar Mi4, yang sangat mirip dengan iPhone 4.

Barra sependapat dengan pihak yang menganggap penampilan Mi4 dan iPhone mirip. Dia mengatakan, kemiripan disebabkan oleh rangka kedua ponsel tersebut yang sama-sama berbahan metal. "Tapi keduanyan sangatlah berbeda," kata Barra yang dikutip situs The Next Web, Kamis, 24 Juli 2014.

Dia mengatakan, orang sering menganggap adanya bias, jika suatu inovasi datang dari Cina. Menurut Barra, ini disebabkan karena banyak orang belum mengenal produk Xiaomi. Maka tidak heran jika inovasi justru dianggap sebagai plagiarisme.

Mantan Vice President Google ini juga mengatakan, jika dia masih berada di Sillicon Valey-markas Google, dia mungkin akan menganggap Xiaomi menjiplak Apple. "Mereka hanya membaca sepintas tentang Xiaomi tanpa mengenalnya lebih detail," kata dia.

Barra mengatakan, untuk mengenal Xiaomi, hal yang harus dilakukan adalah mencoba produk ini. Keunggulan Xiaomi, kata dia, terutama pada sistem operasinya yang menggunakan MIUI yang merupakan modifikasi dari Android. Lewat platform ini, dia ingin menegaskan bahwa Xiaomi tidak menjiplak produk Apple.

Sebelumnya, Chief Executive Officer Xiaomi, Lei Jun, juga membantah kritikan mengenai desain Mi4. "Mi4 dibuat dengan proses yang lebih baik (dibanding Apple), serta memiliki desain yang lebih indah," kata dia.

Mi4 menjadi salah satu andalan Xiaomi di tahun ini. Layarnya memiliki ukuran 5 inci yang resolusinya 1.920 x 1.080 piksel. Prosesornya menggunakan Snapdragon 801 2.5 gigahertz dengan RAM sebesar 3 gigabita. Jenis chipset tersebut kini menjadi yang tercepat untuk kategori perangkat bergerak.

Kamera utamanya beresolusi 13 megapiksel. Sedangkan kamera depannya 8 megapiksel. Satu unit Mi4 yang kapasitas memori internalnya 16 gigabita, dijual seharga US$ 320 atau sekitar Rp 3,7 juta. Sementara itu, untuk yang berkapasitas 64 gigabita, dibanderol US$ 400 atau Rp 4,6 juta. Mi4 dapat dipesan secara online mulai 29 Juli untuk wilayah Cina.

THE NEXT WEB | CNET | SATWIKA MOVEMENTI

Topik terhangat:
MH17 | Pemilu 2014 | Ramadan 2014 | Tragedi JIS | Hasil Pilpres 2014

Berita terpopuler lainnya:|
Calon Menteri Kabinet Jokowi-JK Mulai Beredar
Hacker Cina Manipulasi Suara Golput di Pilpres?
Pemain Voli Ini Lebih Pantas Jadi Model

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions