Jumat, 18 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Cinta Atau Nafsu Belaka? Lihat Tatapan Matanya

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
TypePad Has the Tools

Looking for a premiere blogging service? Start your blog today on TypePad.
From our sponsors
Cinta Atau Nafsu Belaka? Lihat Tatapan Matanya
Jul 18th 2014, 08:59

Cinta Atau Nafsu Belaka? Lihat Tatapan Matanya  

Sejumlah gembok yang bertuliskan nama pasangan digantungkan di Pont des Arts di atas Sungai Seine, Paris (13/2). Pont des Arts, sebuah jembatan penyeberangan yang melintasi Sungai Seine, yang romantis dipilih oleh pecinta untuk melampirkan kunci cinta mereka. REUTERS/Charles Platiau

Berita Terkait

TEMPO.CO, Chicago - Seseorang bisa saja mengatakan cinta dengan beragam cara tapi tatapan mata menunjukkan apa yang sebenarnya dia inginkan. Sebuah penelitian menunjukkan tatapan dan pola gerakan mata menunjukkan apakah seseorang melihat orang lain dengan perasaan cinta atau nafsu belaka.

Stephanie Cacioppo, Direktur High-Performance Electrical NeuroImaging Laboratory, Universitas Chicago, mengatakan masih sedikit bukti ilmiah untuk menunjukkan bagaimana seseorang bisa jatuh cinta. "Namun pola respons seperti gerak mata bisa menjadi petunjuk awal dalam membedakan perasaan cinta dan nafsu belaka," kata Cacioppo seperti dikutip situs Universitas Chicago, 17 Juli 2014.

Riset yang dimuat dalam jurnal Psychological Science ini menunjukkan orang yang berfokus menatap wajah lawan jenis menganggap dia berpotensi menjadi pasangannya. Namun orang yang arah tatapannya berganti terus, mulai wajah hingga seluruh tubuh, dinilai punya hasrat seksual semata. (Baca: Bakteri Ini Seperti Alien, Makan Energi Listrik)

Cacioppo mengerjakan studinya bersama koleganya dari Departemen Psikiatri dan Psikologi Universitas Chicago dan Universitas Geneva. Riset Cacioppo sebelumnya menunjukkan ada jaringan berbeda di otak yang diaktifkan oleh perasaan cinta dan hasrat seksual. Studi tentang arah tatapan dan pola gerak mata ini dilakukan untuk mengenali status emosional dan kognitif yang kadang sulit dibedakan. (Baca juga: Kecanduan Game Bisa Bebas Wajib Militer?)

Selanjutnya, tak ada perbedaan waktu signifikan untuk mengidentifikasi keinginan cinta romantis dan hasrat seksual.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions