Selasa, 29 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Hadapi Situs Berita Palsu, Lakukan Hal Ini

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
The Next Generation in Online Meetings

GoTo Webinar is a new, affordable, do-it-yourself Web event service that doesn't require a consultant. Get $10 off after your complimentary trial.
From our sponsors
Hadapi Situs Berita Palsu, Lakukan Hal Ini
Jul 29th 2014, 21:57

Berita Terkait

TEMPO.CO , Jakarta: Menanggapi pemalsuan beberapa situs berita online yang berisi berita fiktif, Nukman Luthfie, pendiri dan ahli strategi online dari Virtual Consulting, menyarankan agar pemimpin redaksi sejumlah situs web tersebut cepat mengambil tindakan. "Sebaiknya sampaikan komplain ke pemilik news.com agar menghapus situs-situs palsu tersebut," ujarnya saat dihubungi Tempo pada Selasa, 29 Juli 2014 sore.

Situs yang dipalsukan antara lain kompas.com, antaranews.com, detik.com, dan tempo.co, tribunnews.com, dan inilah.com. URL dari situs berita palsu ini mendapat tambahan berupa "--news.com". Misalnya, tempo.co dipalsukan menjadi tempo.com--news.com, begitu juga dengan liputan6.com menjadi liputan6.com--news.com.

Berita yang dimuat dalam situs palsu ini fiktif, dan berbeda jauh dengan yang ada di situs aslinya. Isinya pun kebanyakan merupakan berita fitnah mengenai salah satu kubu calon presiden dan wakil presiden selama masa pemilihan lalu.

Selain memberikan komplain, Nukman juga menyarankan agar para pemimpin redaksi tersebut memberitahukan mengenai pemalsuan situs ini ke publik pembaca. Entah melalui pemberitahuan terbuka ataupun membuat artikel khusus mengenai kasus ini.

"Langkah yang diambil seperti imbauan dari Pemred tempo.co sudah benar itu," ujarnya menambahkan. (Baca: Pemred Tempo.co Minta Publik Hati-hati Terhadap Situs Palsu)

Untuk membedakan mana situs asli dan palsu, pembaca tidak boleh sekadar melihat judul selintas, kemudian menyebarkannya melalui akun jejaring sosial mereka. Sebaiknya, tautan URL berita tersebut dibuka, kemudian diperiksa apakah domain situs yang bersangkutan resmi atau tidak.

"Kalau sudah diverifikasi dan sumber resmi, ya tidak apa-apa disebarkan," tuturnya.

URSULA FLORENE SONIA

Terpopuler:
Awas, 7 Situs Berita Indonesia Dipalsukan

Pemred Tempo.co: Hati-hati Tertipu Situs Palsu

Jokowi: Banyak Mafia di Kementerian ESDM

Tifatul Janji Segera Tutup Situs Berita Palsu

JK Dinilai Berpeluang Rebut Posisi Ketua Umum Golkar

Polisi Lacak Pemilik Portal Berita Palsu

Pemred Liputan 6 Selidiki Pemalsu Situsnya

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions