Kamis, 17 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Kecanduan Game Bisa Bebas Wajib Militer?

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Subscribe to Bloomberg Businessweek

Get Bloomberg Businessweek for 84% off what others pay on the newsstand - that's like getting 38 complimentary issues! Sign up today.
From our sponsors
Kecanduan Game Bisa Bebas Wajib Militer?
Jul 17th 2014, 12:00

Berita Terkait

TEMPO.CO, Seoul - Di tengah-tengah perdebatan kemungkinan lolosnya Rancangan Undang-Undang Kecanduan Video Game di Korea, sebuah usulan yang secara hukum akan menafsirkan video game setara obat-obatan dan alkohol, sebuah komunitas online telah mendukung amandemen kebijakan yang dibuat oleh Military Manpower Administration pada 2010 yang membebaskan pecandu video game dari menjalani wajib militer mereka.

Di negara di mana semua laki-laki berbadan sehat diwajibkan untuk menjalani setidaknya 21 bulan dari dinas militer, hal ini adalah sesuatu yang signifikan, terutama mengingat begitu populernya video game di antara laki-laki Korea.

Menurut amendemen itu, pembebasan dari wajib militer dapat diberikan jika orang tersebut telah menjalani enam bulan atau lebih pengobatan untuk alkohol, narkoba, atau kecanduan video game dan telah menunjukkan ketidakmampuan.

Sebagai tanggapan, Military Manpower Administration telah menyatakan bahwa belum ada satu orang pun sejauh ini yang telah memenuhi syarat untuk pembebasan karena kecanduan video game. "Mereka yang memenuhi syarat akan melalui pengujian fisik dan psikologis tambahan," ujar lembaga itu sebagaimana dikutip CNET, Kamis, 17 Juli 2014.

Selain itu, amandemen tersebut dibuat sebelum kecanduan video game menjadi isu nasional dan bahwa saat ini belum ada metode penilaian konkret untuk mengidentifikasi kecanduan video game.

Jika legislatif Korea benar-benar meloloskan Undang-Undang Kecanduan Video Game, banyak yang percaya bahwa pembebasan akibat kecanduan video game adalah kemungkinan yang sangat nyata. Adalah logis untuk mengembangkan pendekatan yang lebih ilmiah untuk mengidentifikasi kecanduan video game jika video game dianggap setara dengan kecanduan obat-obatan.

Baru-baru ini, pada bulan Juni, kecanduan video game terdaftar sebagai salah satu penyebab seorang tentara Korea menembak lima anggota unitnya di sebuah pangkalan militer yang terletak di perbatasan antara Korea Utara dan Selatan. Tentara buronan itu, diidentifikasi sebagai Sgt. Lim, melarikan diri dari markasnya dan kemudian ditemukan terluka akibat tembakannya sendiri. Simak berita tekno lainnya di sini.

ERWIN Z | CNET

Berita lain
Samsung Kuasai Pasar Tablet Indonesia
Google+ Bolehkan Pemakaian Nama Profil Palsu
Supaya Selfie Anda Terlihat Keren
Mahasiswa UGM Bikin Rompi Anti-radiasi Murah
Jelang Lebaran, Transaksi di Berniaga.com Melonjak

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions