Kamis, 24 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Pemburu Badak Afrika Divonis 77 Tahun Penjara

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
Subscribe to Bloomberg Businessweek

Get Bloomberg Businessweek for 84% off what others pay on the newsstand - that's like getting 38 complimentary issues! Sign up today.
From our sponsors
Pemburu Badak Afrika Divonis 77 Tahun Penjara
Jul 25th 2014, 05:12

Berita Terkait

TEMPO.CO, Kruger – Seorang pemburu badak di Afrika Selatan telah dijatuhi hukuman 77 tahun penjara pada Selasa, 22 Juli 2014. Hukuman ini diharapkan bisa membuat jera dan menjadi peringatan bagi pemburu badak lainnya.

Mengutip laporan Associated Press, Mandla Chauke, seorang warga Afrika Selatan, dijatuhi hukuman karena terbukti membunuh dan memburu badak. Chauke juga melakukan sejumlah pelanggaran lain, seperti mencuri cula badak, memiliki senjata dan amunisi secara illegal, serta melakukan pelanggaran di Taman Nasional Kruger.

Chauke dan dua rekannya diketahui menembak tiga badak secara ilegal di Taman Nasional Kruger pada 2011 lalu. Mereka sempat terlibat baku tembak dengan petugas patroli Kruger. Seorang tersangka tewas, sedangkan satu lainnya melarikan diri.

Dia dijatuhi hukuman pada hari Selasa di Nelspruit Magistrates Court, dekat Kruger di bagian timur laut Afrika Selatan. Hakim menolak argumen Chauke yang menyebutkan bahwa dia dipaksa melakukan perburuan oleh rekannya. "Kami berharap bahwa ini akan menjadi penangkal untuk pemburu lain," kata juru bicara Taman Nasional Kruger, Reynold Thakhuli.

Awal bulan ini, pengadilan Afrika Selatan juga menjatuhkan hukuman pada dua warga Mozambik selama 16 tahun penjara. Keduanya terbukti membunuh badak dan mengambil culanya tahun lalu di TN Kruger.

Sebelumnya, pada akhir 2012, pengadilan Afrika Selatan menghukum seorang warga Thailand selama 40 tahun penjara karena menjual tanduk badak. (Baca: Ibunya Mati, Bayi Badak Tak Mau Tidur Sendiri)

Taman Nasional Kruger telah kehilangan 370 badak akibat perburuan tahun ini. Jumlah ini lebih dari setengah dari total perburuan di seluruh Afrika Selatan. Sebanyak 62 orang telah ditangkap terkait kasus tersebut.

Menurut data pemerintah, Afrika Selatan, yang memiliki 70 persen badak di dunia, mencatatkan rekor kehilangannya pada tahun 2013 lalu. Sekitar 1.044 badak berhasil diburu secara ilegal.

Cula badak menjadi primadona di pasar Vietnam dan Cina. Mereka menganggap cula badak sebagai simbol status. Cula badak juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit, meskipun pada kenyataannya tidak ada cukup bukti yang membenarkan anggapn itu.

ANINGTIAS JATMIKA | AP

Terpopuler
Nokia Lumia 530, Ponsel Pintar untuk Pemula
Bos Xiaomi Akui Mi4 Terinspirasi Apple
Apple Luncurkan OS Yosemite Versi Beta

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions