Sabtu, 19 Juli 2014

Home » Tempo.co News Site: Satu Lagi Situs Real Count Selain Kawalpemilu.org

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
The Next Generation in Online Meetings

GoTo Webinar is a new, affordable, do-it-yourself Web event service that doesn't require a consultant. Get $10 off after your complimentary trial.
From our sponsors
Satu Lagi Situs Real Count Selain Kawalpemilu.org
Jul 20th 2014, 01:44

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Pengawalan rekapitulasi suara di pemilu presiden 2014 tidak hanya didominasi oleh lembaga survei. Demikian pula metode yang digunakan, tidak hanya exitpoll atau quick count, ada juga real count. (Baca: Situs Kawal Pemilu Diserbu Ratusan Hacker)

Situs Kawalpemilu.org menyedot perhatian karena mampu menyajikan real count berbasis pada C1. Kali ini muncul situs serupa besutan Universitas Muhammadiyah Malang, Data.pilpres.umm.ac.id. Situs ini lahir dari inisiatif Lembaga Informasi dan Komunikasi UMM.

Lembaga Infokom UMM menyatakan menggunakan data DB1 yang telah diunggah ke laman Komisi Pemilihan Umum. Tidak hanya itu, data yang dirilis diklaim akan ter-update setiap satu menit. Tampilan yang dibuat memudahkan publik untuk mengetahui suara masing-masing pasangan calon di setiap provinsi.

Ada tujuh tabel yang disusun berdasarkan nama provinsi. Dua tabel pertama berisi data perolehan suara untuk Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan persentase perolehan. Dua tabel selanjutnya berisi data perolehan suara untuk Joko Widodo-Jusuf Kalla serta persentase suara. Dua tabel berikutnya berisi data selisih perolehan suara kedua pasangan dan persentase selisih suara. Sedangkan tabel terakhir berisi persentase data dari kabupaten/kota yang sudah diolah. (Baca: Situs Kawal Pemilu Bantu Pantau Rekapitulasi KPU)

Sejauh pengamatan, tidak ada perbedaan mencolok antara real count Data.umm dengan real count tim Jokowi-JK. Data.umm menyatakan kemenangan Jokowi-JK di 33 provinsi, demikian pula dengan data internal yang mengklaim Jokowi hanya kalah di 10 provinsi.

Berdasarkan update Data.umm, Jokowi-JK unggul 52,12 persen. Namun ada sepuluh provinsi yang belum 100 persen. Provinsi itu adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

DINI PRAMITA

Terpopuler:
Diultimatum ISIS, Umat Kristen Tinggalkan Mosul
Milisi Diduga Incar Pesawat Putin, Bukan MH17
Pesan Terakhir Pramugari MH17
Candaan Penumpang MH17 Sebelum Celaka
Jusuf Kalla Kumpulkan Pendukung Munas Golkar
Nenek PM Malaysia Najib Razak Jadi Korban MH17

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions