Senin, 04 Agustus 2014

Home » Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia: Asyiknya Main Diagram Venn di Google Hari Ini

,
Berita Teknologi Gadget, Games Keren, Aplikasi Terbaru Dunia
Berita Teknologi Liputan6.com menyajikan kabar gadget terbaru, games keren, daftar aplikasi ponsel, aktititas internet hingga operator telekomunikasi 
Did Your Annuity Earn 8%?

46% of American's Die Broke. Don't become a statistic! Make your money work smarter, get your FREE Retirement Kit Today! Click Here Now. Get returns up to 8%!
From our sponsors
Asyiknya Main Diagram Venn di Google Hari Ini
Aug 4th 2014, 07:29, by Denny Mahardy

Diagram Venn yang biasa ada di pelajaran ilmu logika dibuat menyenangkan dalam Google Doodle

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali memperingati hari lahir seseorang yang telah memberikan jasa besar kepada ilmu pengetahuan dunia. Peringatan yang dibuat Google dalam Doodle hari ini untuk mengenang hari lahir John Venn, salah satu ahli matematika jenius yang lahir pada 4 Agustus 2014.

Tepat 180 tahun lalu atau 4 Agustus 1834, John Venn dilahirkan di Yorkshire, Inggris. Ia kemudian tumbuh dan berkembang hingga menjadi salah satu sosok paling berjasa di ranah matematika dengan memperkenalkan Diagram Venn.

Diagram Venn berbentuk lingkaran untuk memberikan gambaran hubungan antara suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Hubungan yang diperlihatkan dalam diagram itu menjelaskan keterkaitan serta bagian mana saja yang bisa saling terkait ataupun dimiliki keduanya.

Karya Venn lazimnya dipakai dalam menjelaskan berbagai hubungan dan persoalan dengan tingkat kesulitan nan beragam. Selain itu, sejumlah topik mulai dari logika, probabilitas, statistik, linguistik maupun ilmu komputer juga kerap memakai diagram ini dalam menjelaskan keterkaitan yang terjadi di dalamnya.

Sebagai penghargaan atas karyanya, Google merayakan hari kelahiran John Venn melalui Google Doodle unik yang memberikan kesempatan para pengguna internet agar dapat berinteraksi memainkan Diagram Venn.

Diagram Venn yang tampil di laman pencarian Google memberikan hiburan sekaligus menambah pengetahuan pengguna tentang konsep himpunan.

Bila ingin memainkan Google Doodle Venn, pengguna hanya perlu mengklik tombol play yang ada di logo. Ketika tampil gambar animasi akan ada dua lingkaran besar. Pada sisi kiri dan kanan, pada masing-masing lingkaran besar terdapat lima ikon unik mewakili kelompok besar yang bisa dihubungkan.

Supaya tahu apa hubungan yang ada di kedua kelompok tersebut, pengguna hanya perlu memilih salah satu gambar dari tiap lingkaran. Nantinya, di bagian tengah akan ada tampilan hasil penggabungan ataupun hubungan dari dua buah kategori yang dipilih.

Diagram Venn hanya satu dari sekian banyak karya lain di bidang matematika, logika, dan filosofi yang telah disumbangkan Venn sepanjang hidupnya hingga akhir hayatnya untuk ilmu pengetahuan dunia.

Ilmuwan kenamaan ini menghembuskan nafas terakhir di Cambridge, Inggris pada tanggal 4 April 1923 di usianya yang ke 88 tahun.

(Iskandar)

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions