Minggu, 03 Agustus 2014

Home » Sindikasi techno.okezone.com: Layanan Data XL Meningkat Selama Lebaran 2014, Percakapan Menurun

,
Sindikasi techno.okezone.com
Berita-berita Okezone pada kanal Techno 
TypePad Has the Tools

Looking for a premiere blogging service? Start your blog today on TypePad.
From our sponsors
Layanan Data XL Meningkat Selama Lebaran 2014, Percakapan Menurun
Aug 4th 2014, 03:11

Layanan Data XL Meningkat Selama Lebaran 2014, Percakapan MenurunXL mengalami peningkatan pada layanan data, sms, sedangkan voice menurun (foto: Tower XL) JAKARTA – Operator telekomunikasi XL Axiata mengklaim mengalami peningkatan cukup signifikan pada layanan data dan sms selama musim libur lebaran tahun 2014, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, khususnya 2013. Sementara untuk percakapan, XL mengalami penurunan.

Kenaikan traffic tertinggi di H-1 dan H-2, terjadi pada layanan Data yakni (27,7 persen) dan (26,1 persen). Sementara peningkatan traffic tertinggi penggunaan layanan SMS pada hari H-1 terjadi di daerah Jawa Tengah yaitu 26,9 persen yang meliputi area Kebumen dan Tegal, disusul daerah Jawa Timur sebesar 23,1 persen.

Ongki Kurniawan, Direktur Service Management XL mengatakan, seperti tahun lalu, pada Lebaran kali ini penggunaan layanan data tampaknya menjadi pilihan favorit pelanggan dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan Idul Fitri kepada saudara, handai taulan ataupun relasinya.

Pilihan penggunaan layanan data ini tentunya karena didorong oleh semakin mudahnya penggunaan layanan data dengan beragam aplikasi yang tersedia seperti misalnya Facebook, Twitter, Path, Whatsapp, Line, BBM ataupun aplikasi messaging & sosial media lainnya.

Faktor pendorong lainnya tentunya adalah ketersediaan beragam pilihan paket layanan Data yang semakin terjangkau tarifnya dan hemat bagi pelanggan, selain juga ketersediaan perangkat smartphone/tablet ataupun device komunikasi lainnya yang sudah dilengkapi dengan kemampuan akses data.

Adapun untuk penggunaan layanan SMS/pesan pendek selama perayaan Idul Fitri tahun ini, ternyata juga masih cukup digemari oleh pelanggan, yang terlihat dari adanya peningkatan traffic layanan SMS tersebut dibandingkan traffic hari biasa/normal. "Sementara untuk layanan percakapan/Voice mengalami trend penurunan," ujar Ongki Kurniawan dalam keterangan yang diterima Okezone, Senin (4/8/2014).

Keandalan jaringan XL dalam mendukung kelancaran berkomunikasi pelanggan tentunya tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan XL melalui  transformasi jaringan, yaitu dengan penambahan kapasitas jaringan, peningkatan kualitas jaringan, dan juga pengujian kualitas jaringan secara berkala secara end to end, selain itu juga didukung pula dengan penambahan spektrum melalui integrasi XL dengan Axis, serta berbagai upaya persiapan antisipasi lebaran termasuk penyediaan fasilitas mobile BTS dan sebagainya.

"Hal ini telah memberikan dampak positif bagi layanan ke pelanggan, khususnya kapasitas untuk melayani layanan 2G seperti SMS dan Suara menjadi lebih baik dan peningkatan kualitas layanan Data pada jaringan 3G," tuturnya.

Sementara bila dibandingkan dengan kondisi traffic jelang Lebaran & selama Lebaran 2013.

Traffic Lebaran Tahun 2013             vs       Traffic Lebaran 2014

Data :
H-2 : 240 Terabyte/hr                      vs        410 Terabytes/hr  (70,8 persen)
H-1 : 245Terabyte/hr                       vs        415 Terabytes/hr  (69,3 persen)
H :  225 Terabyte/hr                         vs        365 Terabytes/hr (62,2 persen)

SMS :
H-2 : 570 juta SMS/hr                    vs        690 juta SMS/hr (21,1 persen)
H-1 : 560 juta SMS/hr                    vs        785 juta SMS/hr (40,1 persen)
H :  540 juta SMS/hr                       vs        765 juta SMS/hr (41,6 persen)

Percakapan
H-2 : 560 juta menit/hr                   vs        460 juta menit/hr (-17,8 persen)
H-1 : 550 juta menit/hr                   vs        440 juta menit/hr (-20 persen)
H   :  580 juta menit/hr                    vs       470 juta menit/hr (-18,9 persen) (amr)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions