Jumat, 01 Agustus 2014

Home » Tempo.co News Site: Kampus Denmark Cetak Rekor Transfer Data Tercepat

,
Tempo.co News Site
daily news from tempo.co 
TypePad Has the Tools

Looking for a premiere blogging service? Start your blog today on TypePad.
From our sponsors
Kampus Denmark Cetak Rekor Transfer Data Tercepat
Aug 1st 2014, 11:05

Berita Terkait

TEMPO.CO, Jakarta - Tim dari Technical University of Denmark (DTU) berhasil memecahkan rekor transmisi data melalui kabel serat optik tunggal dengan kecepatan 43 terabit per detik. Rekor ini nyaris sepuluh kali lipat lebih cepat daripada transmisi data sebelumnya, 32 terabit per detik, yang dibuat tim dari Karlsruhe Institut fur Technologie, Jerman.

Seperti ditulis laman phys.org, 31 Juli 2014, para peneliti menggunakan kabel serat optik baru yang disuplai oleh NTT, perusahaan telekomunikasi Jepang, untuk mengirim data dengan kecepatan tinggi. Alih-alih berisi berisi satu inti serat kaca, kabel yang mereka pakai memiliki tujuh inti. Data dikirim melalui serat optik dengan menggunakan satu laser. Hal ini menyebabkan sinyal yang terkirim harus dipisah dulu sebelum ditransmisikan lalu disatukan kembali saat diterima.

Sebagai gambaran, nilai 43 terabit itu setara dengan 5.375 gigabita per detik. Hal ini sama dengan menyalin jumlah konten lima hard drive yang masing-masing berkapasitas 1 terabita dalam waktu hanya 1 detik. Tim peneliti juga mengklaim berhasil mendapatkan kapasitas transfer sebesar 1 petabit (1.000 terabit) dengan menggunakan ratusan laser. Laporan riset tim itu sudah dipresentasikan dalam Conference on Lasers and Electro-Optics (CLEO), Juni lalu.

Para peneliti mencatat peningkatan kapasitas transmisi data digital sangat penting karena Internet tumbuh sangat cepat. Jumlah transfer data melalui Internet diprediksi naik 40-50 persen tiap tahun. Menurut data tim, infrastruktur Internet ternyata berkontribusi terhadap peningkatan emisi karbon dioksida global sebesar dua persen. Jika kapasitas transmisi tinggi tidak tercapai, aktivitas Internet yang semakin banyak menyumbang bagian dalam kenaikan emisi karbon global dan dihubungkan dengan pemanasan planet. Untuk mencegah hal itu terjadi, data dalam jumlah besar harus dikirim dalam jalur yang sama seperti yang ada saat ini. (Baca: Di ASEAN, Internet Indonesia Ranking Tiga dari Bawah)

Lima tahun silam, peneliti dari DTU menjadi yang pertama berhasil mengirim data lebih dari 1 terabit per detik. Penelitian mereka maju pesat dan mencetak rekor transfer data 5,1 terabit per detik hanya dalam lima bulan. Pada 2011, kecepatan transfer data yang mereka lakukan sudah menembus 9,5 terabit per detik.

Meski kapasitas transfer tingkat tinggi berhasil dicapai, pengguna Internet masih harus bersabar. Diperlukan riset lanjutan untuk memastikan pengiriman data dalam jumlah besar melalui serat optik tetap stabil. Setelah itu, otoritas internasional akan mengambil keputusan dan produsen perangkat keras akan membuat peralatan baru. Artinya, masih perlu waktu sebelum transfer data berkecepatan tinggi dengan jumlah besar itu menjadi tulang punggung Internet.

PHYS.ORG | TECHRADAR | GABRIEL WAHYU TITIYOGA

Terpopuler:
Pemakan Semut, Tampak Lemah tapi Mematikan
Gurita Ini Mengerami Telurnya Lebih dari 4 Tahun
Asteroid Ubah Total Muka Bumi
Pemburu Badak Afrika Divonis 77 Tahun Penjara

Berita lain:
Ini Baterai Isi Ulang Tercepat di Dunia
Ini Teknik Mengetahui Dalang di Balik Situs Palsu
Apple Bantah Gunakan Program Mata-mata

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions